Naik Bus Ini untuk Mudik, Kenyamanan Setara Pesawat Terbang
Reporter: Khairul Imam Ghozali
Editor: Eko Ari Wibowo
Minggu, 19 Mei 2019 05:11 WIB
Bus Trans Jawa kolaborasi PT Putera Mulya Sejahtera dengan PT United Tractors melayani rute Jakarta-Semarang-Solo. 14 Februari 2019. TEMPO/Khairul Imam Ghozali.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pemudik tidak hanya membutuhkan moda transportasi yang bisa cepat sampai tujuan namun juga kenyamanan. Pimpinan PO PT Putera Mulya Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan, mengatakan fasilitas bus yang akan didapatkan penumpang saat menggunakan bus mewah setara dengan fasilitas pesawat. Seperti Audio Video on Demand (AVOD) atau sejenis dengan layar head rest.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan fasilitas tersebut penumpang diharapkan tidak bosan dan dapat lebih menikmati perjalanan mudik ke kampung halaman. "Bus double decker itu dengan standar AVOD yang ada disetiap bangku itu audio video on demand," ujar Sani saat dihubungi Tempo, Sabtu 18 Mei 2019.

Baca juga: Sewa Toyota Alphard untuk Mudik 10 Hari, Biaya Diatas Rp 16 Juta

Selain itu, bus juga menyediakan mesin untuk membuat kopi atau teh hangat, toilet yang nyaman, bangku yang dilengkapi leg rest dan sandaran kaki yang dapat diatur agar menunjang kenyamanan penumpang.

"Tapi kalau sleeper (bangku yang bisa dijadikan kasur untuk tidur) belum ada karena sleeper itu belum diizinkan oleh pemerintah belum ada izinnya. Kita masih dengan dispenser air panas, air minum, coffe maker di bus, toilet, smoking area, selimut bantal," papar Sani.

"Terus kursinya dengan leg rest, ada yang seat 21 setara busnya dengan airlines baru itu saja sih. Pengaturan kursi sudah electric ya setara airlines lah," tambahnya.

Untuk diketahui juga, bus mewah PO Putera Mulya Sejahtera ini menggunakan basis Scania Double Decker K410IB, dengan kapasitas 44 buah kursi. 38 kursi di atas dan enam kursi di bawah.

Scania K41OIB dibekali mesin 13.000 DC13 dengan standar emisi Euro5. Mesin tersebut sudah pakai teknologi turbocharged, intercooled, ditunjang transmisi opticruise transmission.

Baca juga: Simak Tips Memilih Rental untuk Mudik

Dengan mesin besar itu mampu menyemburkan tenaga maksimal mencapai 410 dk pada 1.900 rpm dan torsi puncak 2.000 Nm di rentang 1.000 - 1.350 rpm. 

Untuk mudik Lebaran 2019, bue mewah Putera Muyla melayani pemberangkatan pada pagi, siang, dan malam hari. 

"Pagi mulai jam 6.00 - 7.00, sore jam 15.00- jam 16.00, malam jam 19.00 dan jam 20.00. Tujuannya Tujuan Solo raya, Jawa Timur, l Ponorgo, Blitar, Tulungagung, Kudus, Jepara, Surabaya, Malang, Madura," tutur Sani

Untuk pool bus mewah PO Putera Mulya Sejahtera lanjut Sani menjelaskan sudah banyak tersebar di beberapa titik di Jabodetabek.

"Putra Mulya dari Kalideres, Poris (Tangerang), Pondok Pinang, pondok Cabe Ciputat, Jatijajar Depok, Bogor, Cilengsi, Pulogebang dan sekitarnya," ujarnya.

Baca: Mudik Naik Bus ke Jawa Tengah, Harga Tiket Mulai Rp 280 Ribu

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi