Mudik Naik Mobil Lawas, Periksa Van Belt dan Kanvas Kopling
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 29 Mei 2019 13:00 WIB
Posko Siaga Toyota untuk arus mudik Lebaran 2019 di Rest Area KM 57 Cikampek. 28 Mei 2019. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMudik Lebaran 2019 telah dimulai. Puncaknya diprediksi terjadi pada 30-31 Mei 2019. Nah, ngomong-ngomong puncak arus mudik ini biasanya identik dengan kemacetan, terutama di sepanjang ruas Tol Jakarta-Cikampek.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ruas tol ini memang diprediksi menjadi titik kemacetan awal bagi pemudik yang mengarah ke Jawa Tengah. Mulai dari Cikunir di Bekasi, hingga di kilometer (KM) 57, Cikampek, menjadi titik kemacetan yang disebabkan oleh proyek jalan tol layang Cikunir-Cikampek.

Pertanyaannya, seberapa siap kendaraan yang akan Anda gunakan untuk mudik? Mobil keluaran terbaru atau paling tidak di bawah tiga tahun atau kilometer di bawah 100 ribu umumnya sangat siap untuk digunakan mudik dengan rute jarak jauh. Sebab, mobil ini tergolong baru dan biasanya masih dalam perawatan berkala di bengkel resmi.

Baca juga: Toyota Siapkan 316 Titik Pelayanan Mudik 2019, Fasiliasnya Wah

Yang menjadi persoalan adalah, mobil dengan kilometer di atas 100 ribu atau di atas tiga tahun ke atas. Misalnya, mobil Toyota Kijang kapsul keluaran pertengahan tahun 1990an atau awal 2000an. Masalah yang sering dijumpai pada saat perjalanan mudik umumnya adalah van belt putus atau kanvas kopling aus.

"Dua hal itu yang biasanya kami jumpai saat menjaga posko siaga mudik Lebaran," kata Tri Kuncoro, teknisi Auto2000 Kramat Jati, Jakarta, yang bertugas di Posko Siaga Toyota di Rest Area KM 57, Cikampek, 28 Mei 2019.

Ia menghimbau pemudik yang menggunakan mobil dengan kilometer di atas 100 ribu sebaiknya memeriksakan kendaraannya ke bengkel sebelum memulai perjalanan mudik.

"Bisa dilihat secara kasat mata, van belt atau biasa dikenal sebagai v-belt yang mulai getas biasanya ditandai dengan retak-retak. Bisa putus kapan saja kalau tidak segera diganti," ujarnya.

Baca juga: Toyota Berikan Promo Servis Jelang Mudik 2019, Diskon 25 Persen

Sedangkan untuk kanvas kopling, masalah yang timbul menurut Tri karena pengemudi sering menginjak setengah kopling pada saat macet panjang atau menanjak. Jika hal ini terjadi (kanvas kopling aus), maka mobil seperti tidak ada tenaganya alias loyo. Mau tidak mau maka perlu dilakukan penangan di posko siaga agar mobil kembali bertenaga dan lancar menuju kampung halaman.

Tri menuturkan penggantian van belt atau kanvas kopling di posko siaga umumnya memakan waktu sekitar 2 jam. Pemudik tetak akan dikenakan biaya, baik jasa maupun suku cadang.

Tapi jangan khawatir, selama mudik, ongkos jasa akan mendapatkan potongan sebesar 25 persen dan suku cadang 5 persen. "Di musim mudik biasanya pagi hingga siang hari cukup ramai yang mampir ke posko siaga, 20-25 mobil," kata Tri.

Nah, Anda yang ingin mudik menggunakan mobil lawas sebaiknya mewaspadai dua hal seperti disebutkan Tri Kuncoro di atas. Agar perjalanan Anda mudik 2019 menuju kampung halaman lancar jaya. 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi