Jalur Selatan Jawa Masih Sepi Pemudik, Jalanan Lancar
Reporter: Mustafa Ismail
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 31 Mei 2019 13:02 WIB
Jalur selatan Jawa masih lancar belum mengalami kepadatan. TEMPO/Mustafa Ismail
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Purwokerto - Jalur lintas Selatan Jawa Barat berlanjut ke Jawa Tengah tadi malam (Kamis, 30 Mei hingga Jumat dini hari, 31 Mei) masih sepi pemudik. Jalur ini belum menjadi pilihan bagi banyak pemudik. Pantauan Tempo sejak keluar dari Tol Cileunyi, tak banyak kendaraan plat Jakarta yang melintasi wilayah itu. Maka kemacetan pun hampir tidak terjadi dan masih bisa disebut normal.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca Juga: Mudik 2019: Pintu Keluar Tol Jakarta-Merak Mulai Padat Merayap

Kamis siang, sendatan hanya terjadi beberapa menit di perlintasan kereta Nagreg. Setelah itu, jalan kembali lancar. Sendatan selanjutnya menjelang Pasar Limbangan karena kesibukan pasar seperti angkutan yang berhenti dan orang lalu lalang.

Sendatan selanjutnya terjadi sekitar satu kilometer menjelang Pasar Malangbong, Garut. Lagi-lagi itu terjadi karena kendaraan yang berhenti dan lalu lalang orang. Warga setempat, Restu, mengatakan sejak kemarin jalur itu sangat lancar. "Hanya tadi pagi ada macet sebentar," ujarnya Kamis siang. Penyebabnya karena ada truk jalan pelan di tanjakan sehingga kendaraan di belakangnya ikut pelan.

Kemacetan yang lumayan parah, membutuhkan waktu lebih dari setengah jam untuk menembusnya, terjadi di daerah Ciawi, Tasikmalaya. Penyebabnya adalah kecelakaan antara bus dan truk. "Betul ada (kecelakaan), untuk lebih jelasnya langsung ke Kasat Lantas (Polres Tasikmalaya)," kata Kapolsek Ciawi yang dikontak Tempo melalui pesan WhatsApp.

Adapun Kasat Lantas Polres Tasikmalaya AKP Andriyanto menjelaskan bahwa kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 13.00 itu melibatkan bus Po Doa Ibu, mobil minibus dan dua mobil box. "Akibat dari kejadian tersebut keempat kendaraan mengalami kerusakan, dan tiga pengemudi mengalami luka luka," kata Andriyanto yang dihubungi Tempo lewat pesan WA.

Baca Juga: Tol Cikampek Padat pada Mudik 2019, Sedia Bensin Sebelum Jalan

Kemacetan di sana tidak berlangsung lama, meski antrian kendaraan cukup panjang. "Evakuasa kurang dari 30 menit," ujarnya lagi.

Selanjutnya, kemacetan terjadi selepas Ciamis arah ke Pandaran-Banjar-Purwokerto. Menurut data di aplikasi peta lokasi Google, kemacetan itu terjadi sekitar 5 kilometer. Namun, Tempo dan sejumlah kendaraan lain mencari jalan alternatif sehingga bebas macet. Selanjutnya, jalan bebas lancar hingga tiba di Purwokerto Jumat dini hari, 31 Mei 2019. *

MUSTAFA ISMAIL

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi