Investasi Esemka Rp 600 Miliar, Diklaim Murni Swasta Nasional
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 14 Agustus 2019 10:09 WIB
Papan nama PT Solo Manufaktur Kreasi, pabrik mobil Esemka, di Boyolali dicat ulang, Selasa, 2 April 2019. TEMPO/Dinda Leo Listy
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), produsen mobil Esemka, di Boyolali menghabiskan dana investasi senilai Rp 600 miliar. Pabrik ini berdiri di atas lahan seluar 115 ribu meter per segi dengan luas bangunan 12.500 meter per segi. Tanah itu disewa untuk jangka waktu selama 30 tahun.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pabrik ini dilengkapi dengan ruang pamer, pengecatan, perakitan kendaraan, perakitan mesin, pengetesan mesin, pengetesan kendaraan, dan inspeksi.

Presiden Direktur Esemka Eddy Wirajaya mengatakabah bahwa investasi pabrik ini murni swasta nasional. "Tidak ada campur tangan perusahaan asing. Investasinya 100 persen Indonesia," ujarnya di Jakarta, Selasa, 13 Agustus 2019.

Ia berharap mobil Esemka dapat diluncurkan dalam waktu dekat ini. "Mudah-mudahan tahun ini meluncur ya," ujarnya.

Mobil Esemka, lanjut dia, saat ini sebagian besar telah menggunakan komponen yang disuplay dari perusahaan lokal. Mulai dari bak dan chassis (PT INKA), blok mesin dan blok transmisi (PT Cikarang Persada Manufacturing), dashboard dan setir (PT Usra Tampi), Radiator (PT Tokyo Radiator Selamat Sempurna), Kaca Depan (PT Armada Indah Agung Glass), Ban (PT Gajah Tunggal), Bak/Kargo (ACC Bawen Karoseri dan PT INKA), Pelumas (Pertamina). 

Oil filter dan Fuel Filter dibuat oleh PT Selamat Sempurna, Accu (PT Nipress Energi Otomotif), Air Filter (PT Duta Nichindo Pratama), Knalpot (Catur Karya Manunggal), Jok (Bawen Karoseri), Starter Assy (Fuller Autoparts Indonesia), Per Daun (Indospring), Shock Breaker (Samudra Luas Paramacitra), dan masih banyak lagi. 

Bagian-bagian atau part mobil itu kini dipakai untuk memproduksi mobil Esemka Bima, pikap bermesin 1,2 liter dan 1,3 liter. "Mesinnya sendiri sudah standar Euro 4," ungkapnya.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi