Mengenal Digital Signal Processor, dari Audio hingga Mobil Otonom
Reporter: Khairul Imam Ghozali
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 19 Agustus 2019 18:05 WIB
CEO Audioworkshop, Wahyu Tanuwidjaja, menggelar workshop sekaligus meluncurkan perangkat audio buatan lokal di Jakarta, Senin, 19 Agustus 2019. TEMPO/Khairul Imam Ghozali

GOOTO.COM, Jakarta - Digital Signal Processor (DSP) merupakan komponen utama yang digunakan dalam sistem suara (audio). Perangkat ini berfungsi untuk mengatur frekuensi yang dapat menghasilkan suara yang seimbang pada speaker, tweeter, dan subwoofer.

Namun tahukah Anda, jika DSP bukan hanya bisa digunakan untuk sistem suara saja, namun bisa juga untuk mobil listrik sampai mobil otonom.

Seperti yang disampaikan CEO Audioworkshop, Wahyu Tanuwidjaja, sebenarnya DSP bukan hanya digunakan untuk sistem suara saja namun untuk sistem lainnya juga.

Hal tersebut karena DSP merupakan sebuah sistem teknologi pintar yang dapat menjadi penggerak berbagai macam produk.

"Jadi DSP ini, digital signal processor ini dipakai di setiap produk, home auotomation, mobil otonom, mesin, semua pakai. Mungkin kalau versi sederhana ini disebut sebagai komputer mini yang dikenal Raspberry, mereka bisa berpikir sendiri, mereka bisa bikin platform sendiri," ujar wahyu di Jakarta, Senin 19 Agustus 2019.

Namun memang saat ini di Indonesia DSP masih digunakan hanya untuk sistem suara. Tidak menutup kemungkinan seiring berkembangnya teknologi, DSP di Indonesia digunakan untuk kendaraan.

"Sama yang disebut DSP, cuma di audio sebagai fitur untuk mengolah suara tapi ada lagi nanti DSP ini untuk mobil otonom, segala macam," ujar Wahyu.

#Audio
#Mobil Otonom

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi