Perangi Polusi Udara, Cina Uji Coba Pelarangan Mobil Bensin
Reporter: Bisnis.com
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 23 Agustus 2019 16:43 WIB
Seorang polisi lalu-lintas mengarahkan para pengemudi saat dipenuhi kabut di Harbin, Cina, Senin (21/10). Indeks polusi yang mencapai PM 2,5 membuat sejumlah sekolah dan jalan tol ditutup. REUTERS/China Daily
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Shanghai - Cina akan menggelar uji coba pelarangan mobil berbahan bakar minyak di sejumlah wilayah. Pelarangan ini sekaligus untuk memerangi polusi udara yang semakin memburuk serta upaya untuk mendorong penjualan kendaraan listrik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hal ini sekaligus menjadi indikasi awal bahwa Cina bakal menetapkan tenggat migrasi ke kendaraan listrik. Kendati demikian pelaku industri otomotif di negara itu pesimistis upaya itu bakal sepenuhnya menggusur kendaraan internal combustion engines lantaran perbedaan iklim dan lingkungan.

Dilansir Reuters, Jumat, 23 Agustus 2019, Kementerian Industri dan Teknologi Informasi Cina kini masih menganalisis sejumlah faktor sebelum memutuskan untuk menguji coba zona larangan kendaraan berbahan bakar minyak. Beberapa faktor yang tengah dikaji antara lain tingkat emisi dan permintaan pasar otomotif.

Dokumen kajian tersebut disusun merespons proposal serupa yang diajukan Parlemen Cina pada 16 Juli 2019.

Saat ini Cina merupakan pasar kendaraan energi baru terbesar di dunia. Sebanyak 1,3 miliar unit kendaraan terjual sepanjang tahun lalu yang meliputi mobil berbaterai listrik dan hybrid.

Hainan, salah satu provinsi di Cina bahkan mentapkan penjualan mobil berbahan bakar minyak akan disetop mulai 2030.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi