Gaikindo Bantah Polusi Udara Disumbang dari Mobil
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 21 Agustus 2023 17:37 WIB
Pemandangan Kota Jakarta yang tertutup polusi udara pada Selasa, 25 Juli 2023. Berdasarkan data IQAir pukul 16.29 WIB, Jakarta tercatat menjadi kota dengan kualitas udara dan polusi terburuk di dunia dengan nilai indeks 168 atau masuk kategori tidak sehat. TEMPO / Hilman Fathurrahman W
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Polusi udara menjadi masalah yang tengah menjadi sorotan. Hal tersebut lantaran kualitas udara di Jakarta yang terus memburuk.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kendaraan bermotor menjadi salah satu kambing hitam penyebab polusi udara. Bahkan pemerintah tengah menggodok aturan pemakaian kendaraan bermotor dengan memakai skema 4-In-1.

Namun hal tersebut dibantah Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi. Menurutnya penghasil polusi ada bermacam-macam bukan hanya kendaraan bermotor dalam hal ini mobil.

"Polusi itu kan sebetulnya ceritanya cukup panjang jadi polusi itu bisa bermacam-macam karena yang menghasilkan polusi bukan mobil doang tapi yang namanya sepeda motor juga dan pabrik-pabrik juga," kata Yohannes Nangoi di ICE BSD City, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Yohannes Nangoi menambahkan, dalam mengatasi polusi pemerintah telah membuat aturan mengenai emisi yang saat ini tertuang dalam Euro 4, yaitu standar emisi gas buang bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

"Tentunya pemerintah punya strategi bahwa yang namanya mobil itu harus kita tingkatkan emisi gas buangnya yang lebih bersih itu kita memakai yang namanya Euro 2, Euro 3, dan Euro 4," sambung Yohannes Nangoi.

Oleh karenanya, Nangoi menyebut saat ini hampir seluruh mobil baru sudah lolos standar yang ditetapkan dari pemerintah.

"Saat ini kita sudah masuk Euro 4. Nah, Euro 4 ini tentunya mobilnya harus siap bahan bakarnya juga harus siap kemudian perawatan mobilnya itu juga harus berjalan dengan baik, karena kalau enggak, ya enggak bisa berjalan dengan baik. Tapi yang pasti bahwa kita punya mobil sudah memenuhi syarat ya, Anda tolong jawab sendiri mengenai bahan bakarnya, mengenai perawatan apakah sudah sesuai syarat," jelas Yohannes Nangoi.

Pilihan Editor: Gaikindo Catat Pengujung GIIAS 2023 Teramai pada 17 Agustus

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi