Prototipe Mobil Esemka Antipeluru Ikut Dipamerkan
Reporter: Dinda Leo Listy (Kontributor)
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 7 September 2019 19:26 WIB
Mobil Aemoured yang dibuat Esemka di Pabrik Esemka Boyolali, Jawa Tengah, Jumat 6 September 2019. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Boyolali - Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka Eddy Wirajaya hanya tersenyum dan tidak bersedia menjawab ketika Tempo mengkonfirmasi hal ihwal satu dari tiga mobil Esemka jenis SUV (Sport Utility Vehicle) yang dikabarkan anti-peluru dan tingkat keamanan tinggi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Satu unit mobil berjenis SUV bercat hitam berlogo Moose di bagian depan dan bertuliskan Armored by Esemka di bagian belakangnya itu turut dipajang saat acara peresmian pabrik perakitan PT Esemka di Boyolali oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat, 6 September 2019.

Mobil Aemoured yang dibuat Esemka di Pabrik Esemka Boyolali, Jawa Tengah, Jumat 6 September 2019. TEMPO/Wawan Priyanto

Tanpa menggeleng atau menganggukkan kepala, Eddy hanya memberikan simbol dirinya tidak mau berkomentar dengan cara menempelkan satu jari ke bibirnya ketika Tempo menanyakan apakah benar SUV berlapis baja itu dibuat khusus untuk mobil dinas presiden.

Ditemui Tempo seusai acara peresmian pabrik perakitan PT Esemka dan peluncuran mobil Esemka Bima 1,2L dan 1,3L, salah satu inisiator mobil Esemka Dwi Budhi Martono mengatakan mobil SUV berlogo Moose tersebut memang berlapis baja dan anti-peluru.

"Meskipun peluru bisa menembus bodi luarnya, tapi akan tertahan di baliknya, tidak sampai menembus ke dalam, Jadi seperti menembak karung," kata Budhi.

SUV Esemka yang menggunakan basis Volvo XC90 ini merupakan prototip untuk mobil antipeluru yang sedang digarap Esemka. Mobil itu ikut dipamerkan di peresmian pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat, 6 September 2019. TEMPO/Wawan Priyanto.

Dari pengamatan Tempo, pada beberapa bagian mobil itu bertuliskan merek Volvo. Salah satunya pada bagian kaca lampu seinnya. Menurut Budhi, memang ada beberapa bagian yang dipesan dari Volvo. "Dan Volvo mencantumkan mereknya sebagai bentuk pertanggungjawaban atau jaminan terhadap kualitas produknya," kata Budhi.

Sama seperti Eddy, Budhi juga tidak bersedia berkomentar apakah mobil SUV berlapis baja buatan Esemka dibuat khusus untuk Presiden Jokowi. Ihwal berapa kisaran harganya, Budhi hanya mengatakan, "Yang jelas harganya M (miliar), tapi berapa tepatnya saya tidak tahu," kata Budhi.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi