Awas Rem Blong, Kenali 6 Tanda-tandanya
Reporter: Gooto.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Minggu, 8 September 2019 09:34 WIB
Kondisi kendaraan yang terlibat pada kecelakaan beruntun di Tol Cipularang KM 91 di Purwakarta, Jawa Barat, Senin, 2 September 2019. Imbas dari kecelakaan maut di Cipularang itu mengakibatkan arus kendaraan arah menuju Jakarta dari Bandung dialihkan keluar gerbang Tol (GT) Cikamuning, Kabupaten Bandung Barat. ANTARA/M Ibnu Chazar
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaRem blong menjadi momok sekaligus penyebab kecelakaan tertinggi setelah alasan pengemudi mengantuk. Kasus terakhir, kecelakaan beruntun yang menewaskan enam orang dalam kecelakaan Tol Cipularang disebabkan rem mengalami kerusakan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pengemudi harus lebih waspada bisa mengenali rem yang mengalami masalah. Seperti dikutip dari laman Auto2000.co.id, Ada enam indikasi rem mengalami malfungsi, diantaranya:

1. Pedal rem terasa lebih ringanHal tersebut menandakan bahwa minyak rem pada mobil Anda kuantitasnya sudah berkurang bahkan cenderung habis. Jika minyak rem habis maka injakan pada rem akan terasa ringan bahkan hilang. Kasus ini terjadi karena minyak rem tidak mampu meneruskan tekanan dari pedal rem untuk menekan kampas rem. Pedal terasa ringan ini juga bisa disebabkan adanya angin pada sistem rem dan harus segera dibuang.

2. Mobil tertarik ke satu sisi saat rem diinjakKondisinya, ketika pedal rem ditekan, mobil seperti membuang ke arah kiri atau kanan. Bisa Anda rasakan dari setir yang tertarik ke arah membuangnya mobil dan Anda harus menahan agar mobil tidak ikut belok. Kemungkinan hal ini terjadi karena adanya ketidakberesan dari saluran distribusi tekanan minyak rem. Mungkin juga efek seperti ini akibat bocornya salah satu silinder piston rem.

3. Pedal rem terasa kerasSelain terasa ringan saat diinjak, pedal yang terasa keras pun menjadi tanda rem mobil akan blong. Terjadi lantaran tersumbatnya saluran fluida, pecahnya selang vacum, silinder roda macet atau juga bagian kampas rem terkena oli.

4. Rem bergetarHal ini terjadi karena kondisi sepatu rem yang mengeras atau rem terkena oli. Jika oli pada rem tidak dibersihkan dapat berakibat rem blong. Rem bergetar juga bisa berasal dari piringan cakram atau teromol rem yang tidak rata. Kondisi akan akan melemahkan kinerja rem dan membuatnya kehilangan tekanan di kondisi kerja yang berat.

5. Terdengar suara gesekan pada remBiasanya ada komponen yang aus seperti sepatu atau kampas rem. Umumnya terjadi karena kampas rem sudah habis permukaannya dan Anda belum mengganti dengan yang baru. Alhasil, gesekan yang timbul terjadi antara piringan cakram atau teromol dan pegangan kampas rem. Kampas rem sudah tidak memiliki peran lagi di sini.

6. Jarak pengereman bertambahBiasanya Anda bisa memperkirakan jarak pengereman mobil yang dipakai sehari-hari. Makanya, saat terasa jarak pengereman bertambah padahal kondisi jalan baik-baik saja, segera lakukan pengecekan sistem rem mobil.

Sarannya, jika Anda merasakan gejala-gejala awal di atas, segera tepikan mobil dan periksa secara detail sistem pengereman mobil. Jangan memaksakan untuk terus berjalan karena bisa mengakibatkan kecelakaan saat rem blong.

Langkah yang tepat untuk mencegah rem blong adalah dengan melakukan servis berkala di bengkel resmi.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi