Prototipe Mobil Listrik Esemka dan Antipeluru Dipamerkan
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 8 September 2019 12:39 WIB
Mobil Esemka prototipe di pabrik perakitan Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu 7 September 2019. TEMPO/Wawan Priyanto

GOOTO.COM, Jakarta - Di acara peresmian pabrik perakitan mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah, 6 September 2019, juga dipamerkan enam unit prototipe mobil Esemka.

Mobil prototipe itu dipajang di dalam area pabrik yakni Esemka Garuda 1 (tiga unit), Esemka Rajawali, Esemka Listrik (Doubel Cab), dan mobil VVIP antibeluru berbasis Volvo XC90 (Armored by Esemka). Beberapa mobil ini telah menjalani pengujian dan pengembangan sejak 2009.

Dari prototipe itu, sebuah double cab cukup tampil beda. Ruang mesinnya kosong, tapi diganti dengan sejumlah baterai dan tentunya motor listrik. Di sisi samping kiri dan kanan tertulis Electric Car. Dari pintu depan hingga ke atas fender tertulis PINDAD ESEMKA.

Mobil Esemka prototipe di pabrik perakitan Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu 7 September 2019. TEMPO/Wawan Priyanto

Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya mengatakan bahwa sangat mungkin mobil-mobil prototipe itu suatu saat nanti akan diproduksi. "Saat ini kami masih fokus pada produksi mobil niaga ringan Esemka Bima," kata Eddy kepada Tempo di sela-sela peresmian pabrik, Jumat, 6 September 2019.

Eddy hanya tersenyum dan tidak bersedia menjawab ketika Tempomengkonfirmasi hal ihwal satu dari tiga mobil Esemka jenis SUV (Sport Utility Vehicle) yang dikabarkan anti-peluru dan tingkat keamanan tinggi.

Mobil Esemka prototipe di pabrik perakitan Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu 7 September 2019.

Satu unit mobil berjenis SUV bercat hitam berlogo Moose di bagian depan dan bertuliskan Armored by Esemka di bagian belakangnya.

Tanpa menggeleng atau menganggukkan kepala, Eddy hanya memberikan simbol dirinya tidak mau berkomentar dengan cara menempelkan satu jari ke bibirnya ketika Tempo menanyakan apakah benar SUV berlapis baja itu dibuat khusus untuk mobil dinas presiden. 

Ditemui Tempo seusai acara peresmian pabrik perakitan PT Esemka dan peluncuran mobil Esemka Bima 1,2L dan 1,3L, salah satu inisiator mobil Esemka Dwi Budhi Martono mengatakan mobil SUV berlogo Moose tersebut memang berlapis baja dan anti-peluru.

SUV Esemka yang menggunakan basis Volvo XC90 ini merupakan prototip untuk mobil antipeluru yang sedang digarap Esemka. Mobil itu ikut dipamerkan di peresmian pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat, 6 September 2019. TEMPO/Wawan Priyanto.

"Meskipun peluru bisa menembus bodi luarnya, tapi akan tertahan di baliknya, tidak sampai menembus ke dalam, Jadi seperti menembak karung," kata Budhi. 

Dari pengamatan Tempo, pada beberapa bagian mobil itu bertuliskan merek Volvo. Salah satunya pada bagian kaca lampu seinnya. Menurut Budhi, memang ada beberapa bagian yang dipesan dari Volvo. "Dan Volvo mencantumkan mereknya sebagai bentuk pertanggungjawaban atau jaminan terhadap kualitas produknya," kata Budhi.

Sama seperti Eddy, Budhi juga tidak bersedia berkomentar apakah mobil SUV berlapis baja buatan Esemka dibuat khusus untuk Presiden Jokowi. Ihwal berapa kisaran harganya, Budhi hanya mengatakan, "Yang jelas harganya M (miliar), tapi berapa tepatnya saya tidak tahu," kata Budhi.

DINDA LEO LISTY (BOYOLALI)

Simak video liputan eksklusif deretan mobil Esemka langsung dari Pabrik Esemka di Boyolali: 

#Esemka
#Mobil Esemka
#Esemka Garuda
#Esemka Rajawali
#Esemka Antipeluru
#Joko Widodo

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi