Ini yang Harus Dilakukan Mobil Esemka agar Kompetitif
Reporter: Khairul Imam Ghozali
Editor: Eko Ari Wibowo
Rabu, 11 September 2019 11:45 WIB
Deretan mobil Esemka di Pabrik Mobil Esemka, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah. Tempo/Dinda Leo Listy

GOOTO.COM, JakartaEsemka saat ini menjadi satu-satunya produsen mobil lokal di Indonesia. Esemka harus bersaing dengan banyaknya merek luar di industri otomotif Indonesia.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bemotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi mengatakan ada dua hal yang akan membuat Esemka maupun merek manapun bertahan dan mampu bersaing di Indonesia.

Yang pertama adalah kualitas produk yang dibuat. Nangoi beranggapan bahwa Esemka pasti sudah memikirkan dengan baik masalah kualitad sebelum memproduksi mobil-mobilnya.

"Untuk bisa survive di industri otomotif, satu kualitas produk, saya kira mereka sudah memikirkan dengan baik," ujar Nangoi kepada wartawan, di Makassar, Selasa 10 September 2019.

Lalu yang kedua adalah layanan purnajual alias aftersales service. Hal tersebut juga menurut Nangoi pasti sudah dipikirkan matang-matang oleh pihak Esemka. Karena Esemka sudah punya pabrik sendiri, artinya lanjut Nangoi, mereka sudah siap untuk segala hal. Dan terakhir adalah harga yang kompetitif.

"Ini rasanya mereka sudah memperhitungkan dengan baik, tidak mungkin bikin pabrik tanpa memperhitungkan jaringan purnajual dan jaringan jualannya itu sendiri," tutur Nangoi.

"Sama kompetitif harganya harusnya bisa survive ya," ucapnya.

#Esemka
#Mobil Esemka

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi