Masuk Kabin Mobil Dilarang Langsung Hidupkan AC, Ini Dampaknya
Reporter: Gooto.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 18 Oktober 2019 09:10 WIB
Ilustrasi tombol AC Mobil. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Cuaca yang terik, sering kali ketika masuk ke dalam mobil langsung nyalakan Air Conditioner atau AC. Apalagi saat itu, mobil parkir tanpa atap sehingga rasanya seperti masuk oven. Hanya saja, menghidupkan AC ketika masuk mobil memiliki dampak buruk. Seperti dikutip dari laman Auto2000, berikut diantaranya:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Menimbulkan reaksi kimia berbahaya untuk tubuh

Beberapa benda yang ada di dalam mobil seperti pengharum ruangan, bahan pelapis jok hingga material plastik menjadi sumber masalahnya. Sinar matahari langsung yang panas menyebabkan reaksi tertentu pada benda-benda tersebut. Berbagai senyawa baru yang berbahaya pun muncul, salah satunya adalah benzena yang terkenal sebagai racun penyebab kanker. Benzena yang muncul akan disirkulasikan oleh AC sehingga penumpang yang menghirup udara AC mobil otomatis dapat terkena polusi ini.

Karena bersifat racun, benzena mampu memengaruhi ginjal dan hati karena dua organ yang berperan sebagai penyerap racun tersebut kesulitan mengeluarkannya. Tidak hanya itu, benzena juga mampu meracuni tulang dalam tubuh shingga menyebabkan anemia dan penurunan jumlah sel darah putih. Semakin lama terhirup dalam tubuh, maka benzena dapat menimbulkan leukimia yang memperparah risiko kanker. Bagi ibu hamil, benzena juga mampu mengakibatkan keguguran.

2. Dapat memicu kecelakaan

Saat mobil berada di dalam ruangan dengan jendela tertutup, benzena dapat terproduksi antara 400-800 mg. Bila diparkir di luar ruangan dan dibawah terik matahari pada temperatur 15 derajat celcius ke atas, tingkat kepadatan benzena bisa mencapai 2.000 – 4.000 mg. Padahal, tingkat toleransi manusia terhadap racun benzena hanya 50mg/ft2.

Gas ini tak berbau dan tak berwarna jadi sulit untuk dideteksi. Orang yang mengalami keracunan, umumnya akan merasa mengantuk, pusing, atau mual setelah menghidupkan AC. Hal ini yang bisa memicu kecelakaan di jalan raya.

Dengan alasan diatas maka cara terbaik adalah dengan membuka kaca pintu, nyalakan blowernya saja dulu dan tunggulah sekitar 5 menit-10 menit agar suhu menurun baru menyalakan AC.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi