Torsi Mesin 1.000cc Toyota Raize Lebih Unggul dari Rush
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 6 November 2019 10:42 WIB
Toyota Raize (Toyota Global)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Toyota Motor Corporation (TMC) resmi meluncurkan SUV kompak terbaru, Toyota Raize, di Tokyo, Selasa, 5 November 2019. Model kembaran Daihatsu Rocky ini dibekali mesin berkapasitas 1.000cc turbo. Nah, Toyota mengklaim mesin ini menjanjikan sensasi berkendara layaknya mesin 1.500cc. Benarkah?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mari kita bedah. Toyota Raize dibekali mesin 1.000cc. Mesin dengan kode 1KR-VET sanggup menghasilkan output 98hp dan torsi 140 Nm. Mesin turbo ini secara kemampuan memang menjanjikan. Bandingkan dengan Toyota Rush yang dibekali mesin 1.500cc, outputnya hanya 104hp. Torsinya, kalah dari Raize karena hanya 136 Nm.

Secara tenaga, Raize memang sedikit di bawah Rush, tapi torsinya badak! Inilah yang membuat Toyota pede bahwa sensasi berkendara yang dijanjikan Raize tak kalah dengan mobil bermesin 1.500cc.

Video detail Daihatsu Rocky di Tokyo Motor Show 2019: 

Toyota juga mengklaim, mesin baru ini menjanjikan efisiensi bahan bakar yang baik. Untuk varian berpenggerak 2WD, konsumsin bahan bakar diklaim 18,6 kilometer per litar berdasarkantes WLTC. Sedangkan penggerak 4WD mencapai 17,4 kilometer per liter.

Teknologi lain yang membuat model ini irit bahan bakar adalah penggunakan transmisi D-CVT, yang diklaim pertama kali diaplikasikan di mobil Toyota.

Pada transmisi ini mendapatkan tambahan roda gigi split ke drive belt CVT untuk meningkatkan efisiensi dan performa. Kisaran rasio gigi juga diperluas untuk memberikan akselerasi yang kuat dan mulus pada kecepatan rendah dan kinerja bahan bakar yang efisien pada kecepatan tinggi.

Toyota Raize model 4WD dilengkapi Dynamic Torque Control 4WD. Saat berakselerasi di permukaan jalan yang licin, fitur itu mampu mendistribusikan torsi secara optimal ke roda belakang sesuai dengan kondisi kendaraan.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi