ADM Recall 9.378 Daihatsu Rocky karena Fender Apron Depan Bermasalah
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 11 Maret 2022 21:39 WIB
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan SUV terbaru mereka di tahun ini, yakni Daihatsu Rocky. Mobil yang lama dinanti konsumen di Indonesia ini dibekali dua pilihan mesin, yakni 1.0L Turbo dan 1.2L dengan harga mulai dari Rp 178,9 juta hingga Rp 236,1 juta OTR Jakarta. daihatsu.co.id

GOOTO.COM, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan penarikan kembali (recall) terhadap 9.378 mobil Daihatsu Rocky.

Penarikan ini disebabkan masalah yang sama seperti recall Toyota Raize, yakni pada bagian sambungan fender apron atau dudukan shockabsorber depan.

"Beberapa waktu lalu kami menerima masukkan dari konsumen kami di wilayah Sumatera. Jadi ketika kendaraan dipakai, saat menghantam jalan berlubang dalam kecepatan tinggi, setelah itu muncul bunyi 'dek-dek' dari area depan," kata Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM Bambang Supriyadi dalam konferensi pers virtual hari ini, Jumat, 11 Maret 2022.

Bambang mengatakan permasalahan apron Daihatsu Rocky ada pada titik pengelasannya, yang dinilai kurang tepat.

Saat ini ada 14 titik pengelasan pada sambungan apron depan Rocky dan nantinya akan dilakukan penambahan 11 titik pengelasan untuk memastikan sambungan tersebut terpasang dengan kencang.

Recall Daihatsu Rocky menyasar baik tipe mesin 1.000cc maupun 1.200cc produksi 28 April sampai 7 Oktober 2021.

Bambang mengimbau konsumen dengan unit yang terdampak ini untuk segera menghubungi Customer Center Daihatsu dan mengecek di situs resmi Daihatsu. Setelah itu, konsumen juga diimbau untuk segera menghubungi bengkel resmi terdekat untuk membuat janji perbaikan Rocky yang terdampak recall ini.

"Perbaikan akan memakan waktu kurang lebih sepuluh jam. Seluruh proses perbaikan ini tidak dipungut biaya, gratis," kata Bambang.

Recall dengan masalah pada sambungan fender apron depan juga dialami kembaran Rocky, yakni Toyota Raize.

Toyota Astra Motor (TAM) mengungkapkan masalah pada fender apron depan Raize menyebabkan timbulnya bunyi abnormal saat mobil melintasi jalan rusak atau bergelombang. Bahkan dalam kondisi tertentu, masalah ini bisa membuat kontrol kendaraan menjadi sulit dikendalikan.

Toyota Raize yang mengalami recall adalah tipe 1.0T S CVT, 1.0T G CVT, 1.0T G M/T, 1.2 G CVT, dan 1.2 G M/T buatan November 2020 hingga Oktober 2021 yang dipasarkan di Indonesia. TAM juga memastikan tidak ada biaya perbaikan di bengkel resmi untuk recall baik Toyota Raize maupun Daihatsu Rocky.

BacaMengagetkan, Harga Daihatsu Rocky Lebih Mahal dari Toyota Raize

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Daihatsu Rocky
#Rocky
#Daihatsu
#Astra Daihatsu Motor
#Recall
#Toyota Raize

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi