6 Langkah Darurat Saat Mobil Matik Terendam Banjir
Reporter: Wawan Priyanto
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 2 Januari 2020 13:11 WIB
Sejumlah mobil terendam banjir di kawasan pemukiman warga di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, 1 Januari 2020. Foto/Istimewa/Dennistya Sagita
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Banjir melanda Jakarta dan sekitarnya pada 1 Januari 2020. Banjir ini disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak Selasa sore, 31 Desember 2019 hingga Rabu siang, 1 Januari 2020. Banjir ini turut merendam sejumlah mobil, sebagian di antaranya mobil matik alias bertransmisi otomatis.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Teknisi Ahli dari Wormer Matic, Bengkel Spesialis Transmisi Otomatis & Mobil Matic, Hermas Prebowo, membagikan tips penanganan darurat kepada pemilik mobil matik yang kebanjiran. “Jangan coba dinyalakan karena bisa saja korslet,” kata Hermas kepada Tempo, Rabu, 1 Januari 2020.

Menurut Hermas, mobil modern umumnya sudah dilengkapi dengan sistem kelistrikan yang kompleks. Selurunya memiliki control modul yang bekerja secara electrical, baik untuk mesin, AT, ABS, airbag, power steering, lampu, instrumen cluster, dan sebagainya. “Yang bisa dilakukan pemilik adalah mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah,” ujar dia.

Berikut ini adalah enam tips menangani mobil bertransmisi otomatis yang kebanjiran:

  1. Geser tuas ke N dengan menekan shift lock. Tarik mobil dari lokasi banjir sesegera mungkin, saat kondisi sudah memungkinkan. Makin lama terendam, potensi kerusakan makin parah. 
  2. Jangan sekali-kali mencoba menghidupkan mesin mobil. Meskipun hanya sesaat atau coba-coba. Jangan pula men-jumper baterry. 
  3. Lepas konektor baterry di kutup negatif. Untuk menghindari dampak buruk lain pada sistem kelistrikan.
  4. Cukup sampai di poin 3 saja. Selanjutnya adalah pekerjaan bengkel/mekanik profesional. Usahakan jangan mencoba untuk menangani apapun sendiri. Mobil matik sepenuhnya dikendalikan oleh sistem electric. Penanganan awal yang salah bisa membuat kerusakan meluas dan parah. 
  5. Segera panggil towing, dan bawa mobil matic ke bengkel yang tahu betul sistem mekanis, hidrolis, kelistrikan, dan komputer mobil matic. Jangan berspekulasi. Cari yang benar-benar profesional. Hindari pengerjaan di rumah, karena keterbatasan alat seperti kompresor angin, alat kelistrikan dan scan tool membuat hasil kerja tidak maksimal. 
  6. Dengan penanganan yang tepat dan tidak terlambat, mobil matic Anda bisa diselamatkan tanpa biaya yang besar dan kerusakan yang parah.

"Yang bisa memastikan adanya kerusakan atau tidak pada mobil matik setelah kebanjiran adalah bengkel dan mekanik profesional,” ujar dia.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi