Kaca Mobil Buram, Begini Cara Mengatasinya
Reporter: Gooto.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Senin, 3 Februari 2020 12:02 WIB
Tauri Liiv membersihkan kacar saat menikmati sauna dalam mobil Audi di Tallinn, Estonia, 27 Juni 2019. Willem Maesalu menciptakan SaunAudi, karena mahal untuk menyewa sauna dalam acara pesta ulang tahunnya. REUTERS/Ints Kalnins

GOOTO.COM, JakartaKaca mobil yang buram akibat jamur tentu sangat mengganggu. Apalagi di malam hari dan cuaca sedang hujan. Visibilitas atau pandangan pengemudi tentu menjadi terbatas.

Kaca mobil buram ini disebabkan banyak faktor. Satu di antarannya adalah jamur. Nah, musim hujan seperti sekarang ini biasanya membuat jamur mudah menempel pada kaca, dan juga cat pada bodi mobil. Jika dibiarkan begitu saja, akan sangat sulit dibersihkan.

Sebenarnya, jamur pada kaca mobil maupun cat bodi bisa dicegah. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi jamur pada kaca seperti dilansir situs wuling.id. 

Hal paling mudah yang dilakukan adalah segera membersihkan kaca setelah terkena hujan, karena titik hujan yang menempel pada kaca berpotensi memberikan efek jamur pada kaca.

Kain untuk membersihkan juga bisa beragam, setelah menggunakan kain ‘kanebo’, bisa dibersihkan lagi dengan kain microfiber. Jangan lupa pula cek karet pada bilah wiper, karena akan mempengaruhi kebersihan pada kaca. Bila bilah karet sudah tidak mampu membersihkan secara sempurna, segera ganti. 

Namun, bila jamur sudah membandel pada kaca, tentu saja harus dibersihkan secara khusus. Bila ingin membersihkan sendiri, tanpa ke ‘salon’ mobil, maka harus perhatikan beberapa hal. Antara lain adalah bahan atau kompon yang digunakan, jangan sampai kaca depan seharusnya bebas jamur, justru lecet karena penggunaan bahan yang salah dan penekanan saat membersihkan juga terlalu keras.

Ada beberapa merek di pasaran yang digunakan untuk membersihkan dan mencegah jamur pada kaca. Glass Scrub bisa digunakan saat jamur sudah tampak pada kaca, lalu bisa diolesi dengan Rain Clear agar tetap bersih dan berfungsi sebagai pencegahan.

Tentu saja yang terpenting adalah kaca depan, walau kaca samping dan belakang pun tidak luput dari serangan jamur. Rutin lah melapisi kaca dengan bahan anti-jamur agar kaca tetap bersih tanpa mengganggu saat mengemudi. Kaca mobil yang sudah dilapisi dengan Rain Clear, umumnya bertahan antara 3-4 bulan tergantung kondisi dan cuaca.

#Kaca Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi