Toyota Kijang Innova Paling Laris di Segmen Mobil Diesel 2020
Reporter: Bisnis.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Sabtu, 4 Juli 2020 11:36 WIB
New Toyota Kijang Innova Venturer resmi diluncurkan di Grand Indonesia, Jakarta, 16 Januari 2017. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Toyota menjadi merek yang mencatatkan wholesale terbanyak pada segmen kendaraan penumpang bermesin diesel tipe 4x2 berkapasitas 1.501 cc hingga 2.500 cc sepanjang tahun ini. Capaian itu juga menempatkan Innova di singgasana Raja Mobil Diesel.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, total volume penjualan mobil diesel Toyota pada segmen tersebut mencapai 12.557 unit. Realisasi tersebut terkoreksi 37,56 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019.

Meski menurun, Toyota tetap menjadi pabrikan yang paling banyak melego kendaraan bermesin diesel sepanjang tahun ini. Di segmen kendaraan penumpang, Toyota memasarkan dua model, yakni Toyota Kijang Innova dan Fortuner.

Innova, salah satu model low multipurpose vehicle (LMPV) paling banyak diminati keluarga di Indonesia, menjadi mobil diesel terlaris dengan catatan penjualan sebanyak 8.187 unit. Adapun Fortuner membukukan penjualan 856 unit.

Pesaing terdekat Innova di segmen kendaraan penumpang bermesin diesel adalah Mitsubishi Pajero. Sepanjang tahun berjalan, sport utility vehicle (SUV) ini terjual sebanyak 3.410 unit, turun 55,87 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019, yakni 7.728 unit.

Menurut catatan Bisnis, Innova bermesin diesel memiliki sejumlah keunggulan, salah satunya ialah irit bensin. Mesin Diesel pada dasarnya dirancang untuk mengakomodasi beban berat, sehingga mesinnya lebih berkarakter kuat, bukan kencang. Umumnya diesel juga memiliki torsi lebih besar pada putaran rendah dibanding mobil bermesin bensin.

Toyota Kijang Innova 2.5 V Diesel menghadirkan sistem transmisi dengan menambah semi manual dengan tingkatan dari 1-6. Model ini mampu menghasilkan daya maksimal 102 ps pada 3.600 rpm dan torsi maksimal 20.4 kgm pada putaran mesin antara 1.400 hingga 3.200 rpm.

Selain Toyota Innova, merek lain yang menggunakan mesin diesel untuk mobil penumpangnya adalah Isuzu dengan model terkenalnya Panther. Bahkan, saat berjaya pada era 1990-an, Isuzu Panther telah menasbihkan diri sebagai Rajanya Diesel.

Kini, Isuzu Panther tampaknya tengah berada di akhir petualangan. Meski mengontribusi penjualan terbanyak dari model bermesin diesel Isuzu, Panther hanya mencatatkan wholesale 216 unit sepanjang Januari-Mei 2020.

BISNIS

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi