Ford Tertinggi di SSI JD Power
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 24 September 2008 22:36 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Ford menempati posisi teratas dalam hal kepuasan pelanggan atas penjualan mobil baru, menurut Studi J.D. Power Asia Pacific 2008 Indonesia Sales Satisfaction Index (SSI).

Ford mengumpulkan nilai SSI 762 poin dalam skala 1.000 poin dan mendapat nilai yang sangat baik dalam hal waktu pengiriman. Tahun ini, Ford dibuntuti Toyota (761) dan Honda (760).

Studi SSI di Indonesia yang sudah memasuki tahun ke-8 ini menilai tujuh faktor yaitu proses pengiriman, waktu pengiriman, transaksi, fasilitas dealer, tenaga penjualan, penanganan dokumen dan inisiasi penjualan.

"Pelanggan-pelanggan Ford sangat puas dengan waktu pengiriman kendaraan baru mereka," kata Rajeev Nair, senior project manager J.D. Power and Associates, Singapura. "Waktu pengiriman itu penting untuk meningkatkan kepuasaan secara keseluruhan, terutama saat jumlah penjualan kendaraan baru di Indonesia naik 48 persen di 6 bulan pertama tahun 2008, dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2007."

Studi Indonesia Sales Satisfaction Index (SSI) 2008 ini dilakukan pada 2.687 pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraannya dari dealer resmi pada periode Oktober 2007 dan Mei 2008. Kerja lapangan untuk studi ini dilakukan antara bulan April dan Juli 2008.

Studi SSI adalah satu dari tiga studi berbasis konsumen yang dilakukan J.D. Power Asia Pacific di Indonesia. Studi Customer Satisfaction Index (CSI), yang mengukur kepuasan pelanggan dengan layanan purna jual dealer resmi, telah diumumkan Agustus 2008 lalu. Sedangkan Initial Quality Study (IQS) Indonesia, yang mengukur masalah yang dialami pemilik kendaraan baru, akan diumumkan bulan Oktober. RJ

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi