Aston Martin DB5 Junior untuk Anak-anak Dirilis, Harga Setara Toyota 86
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 30 Agustus 2020 08:30 WIB
Aston Martin DB5 Junior. (Aston Martin)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaProdusen mobil mewah asal Inggris Aston Martin dan The Little Car Company mengumumkan model DB5 Junior, mobil untuk anak-anak bertenaga listrik berskala dua pertiga. The Little Car Company dikenal sebagai produsen mobil mainan papan atas. Reputasinya cukup mentereng, di antaranya membuat Bugatti Baby yang harganya setara Toyota Fortuner. Menariknya, Aston Martin DB5 junior ini terlihat istimewa. Mobil ini dikembangkan kedua perusahaan selama 15 bulan. DB5 junior didasarkan pada pemindaian 3D referensi Aston Martin dari DB5 asli seperti yang dikendarai James Bond. Tak heran jika mobil mininya memiliki detail yang akurat dan otentik. Sebagai gambaran, DB5 Junior menggunakan 'sayap', 'perisai' dan lencana DB5 ikonik Aston Martin yang sama seperti model tahun 1963 asli. Dashboard juga diisi dengan instrumen Smiths fungsional, yang telah diperbarui untuk era modern.Aston Martin DB5 Junior. (Aston Martin)

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

DB5 Junior memiliki panjang 3 meter, lebar 1,1 meter dan dapat menampung orang dewasa serta seorang anak secara berdampingan. Sasis aluminium honeycomb dan bodi komposit memberikan platform yang sangat kokoh sekaligus menjaga berat total hanya sekitar 270kg. Ini adalah mobil listrik dan ditenagai oleh powertrain listrik yang menghasilkan daya 6,7 bhp ke roda belakang dan memiliki kecepatan tertinggi 48 km per jam.

Indikator bahan bakar pada dashboard diubah menjadi pengukur baterai, sedangkan suhu oli sekarang memantau suhu motor listrik. Jam Smiths klasik yang sama seperti pada mobil tahun 1960-an menjadi hal ikonik yang ditemukan di dashborad. Tenaga diatur oleh akselerator aluminium billet dan pedal rem. Menariknya, lampu depan, lampu rem, indikator, dan klakson, berfungsi normal layaknya mobil sungguhan. Mobil ini menggunakan suspensi double wishbone di bagian depan seperti aslinya, dengan pusat roll dan penguatan camber yang sesuai dengan geometri aslinya.Dasboard Aston Martin DB5 Junior dibuat semirip mungkin dengan mobil aslinya. (Aston Martin) Di bagian belakang terdapat gardan aktif yang disesuaikan dengan periode, dengan suspensi lengan belakang atas dan bawah yang otentik serta batang Panhard.

Tenaga disalurkan ke tanah melalui roda kawat 10 inci dengan rem cakram berventilasi empat roda, dilengkapi dengan pengereman regeneratif. Paket baterai yang dapat dilepas disimpan di bawah kap bukaan, memberikan jarak tempuh 16-32km dalam sekali pengisian.

Marek Reichman, Executive Vice President dan Chief Creative Officer Aston Martin, mengatakan bahwa perusahaan sangat senang melihat interpretasi baru yang indah ini, mungkin, model paling ikonik kami bergabung dengan keluarga Aston Martin.

“Mitra kami, The Little Car Perusahaan telah memberikan detail yang sangat teliti untuk benar-benar mereplikasi bentuk menakjubkan dari DB5 asli. Saya sangat menantikan untuk melihat penghormatan yang menyenangkan ini kepada DB5 yang tak lekang oleh waktu untuk 'melayani' dengan pemilik dari segala usia di seluruh dunia."

Aston Martin DB5 Junior akan diproduksi di Inggris mulai 2021 dan pengiriman dijadwalkan pada 2023. DB5 Junior dijual dengan harga mulai £ 35.000 (Rp 605,7 juta). Versi Vantage dijual lebih mahal, mulai £ 45.000 (Rp 778,7 juta). Harga yang cukup tinggi, lebih mahal dari harga sebuah mobil sport Toyota 86 yang di Indonesia dijual Rp 775,75 juta.

Produksi dimulai di Inggris pada tahun 2021, dengan pengiriman pertama diharapkan sebelum 2023. DB5 Junior akan diproduksi terbatas, hanya 1.059 unit. 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi