Aston Martin Tunda Pengembangan Mobil Listrik, Fokus ke PHEV
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 13 April 2024 08:00 WIB
Logo Aston Martin. (Aston Martin)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Aston Martin memutuskan untuk menunda pengembangan mobil listriknya. Kini, pabrikan mobil asal Inggris ini akan memfokuskan perusahaannya untuk pengembangan kendaraan Plug-in Hybrid (PHEV).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Padahal, Aston Martin telah menandatangani kesepakatan dengan Lucid untuk mengembangkan platform kendaraan listrik modular yang mendukung empat model baru. Model tersebut mencakup crossover hingga hypercar, dengan model EV pertama dijadwalkan rilis pada 2025.

"Kami berencana untuk meluncurkannya pada akhir 2025 dan siap untuk melakukannya, tetapi tampaknya ada lebih banyak hype dalam kendaraan listrik, didorong oleh politik atau apa pun, daripada permintaan konsumen, terutama pada saat ini. Titik harga Aston Martin," kata ketua eksekutif Aston Martin Lawrence Stroll, dikutip dari laman Carscoops pada hari ini, Sabtu, 13 April 2024.

Stroll menambahkan bahwa kendaraan listrik dirancang secara teknis dan fisik. Akan tetapi, menurutnya, pelanggan Aston Martin lebih memilih kendaraan dengan mesin pembakaran internal, sehingga mereka lebih memilih menghadirkan produk PHEV terlebih dahulu.

Aston Martin mengumumkan akan menghadirkan mobil PHEV pertamanya dengan mengambil basis supercar Valhalla, pada tahun ini. Pada 2026, lini model mobil baru Aston Martin akan menampilkan opsi powertrain elektrifikasi, dengan tujuan jangka panjang agar mencapai target elektrifikasi pada tahun 2030.

Stroll mengonfirmasi bahwa model plug-in hybrid ini akan menggunakan mesin V8 yang bersumber dari Mercedes. Selain itu, Stroll juga mengharapkan mesin V12 hybrid.

"Kami memperkirakan powertrain PHEV akan populer setidaknya selama satu dekade dan akan memungkinkan model bertenaga ICE tetap bertahan. Selama kami diizinkan membuat mobil ICE, kami akan membuatnya," ucap Lawrence Stroll memungkasi.

DICKY KURNIAWAN | CARSCOOPS

Pilihan Editor: Aston Martin Bakal Rilis Mobil Listrik Pertamanya pada 2026

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi