Aston Martin Bakal Tetap Mempertahankan Mesin V8 dan V12 atas Permintaan Konsumen
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 30 Mei 2024 18:00 WIB
Aston Martin V12 Twin Turbo. (Foto: Aston Martin)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Aston Martin berkomitmen untuk tetap mempertahankan dan memproduksi mobil dengan mesin V8 dan V12. Komitmen ini dilakukan pabrikan atas banyaknya permintaan dari konsumen yang masih menginginkan mesin bertenaga besar dan kebisingan khas super car.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada Februari lalu, Aston Martin memberikan penyegaran menyeluruh pada model Vantage, di mana mesin V8 4.0 liter twin-turbocharged barunya menghasilkan tambahan tenaga sebesar 153 HP dan torsi 115 Nm. Mesin tersebut bersumber dari Mercedes-AMG.

Kemudian, mesin V12 twin-turbo baru juga dipastikan ada hadir perdana di model Vanquish generasi terbaru, yang menggantikan DBS. Mesin ini akan menghasilkan tenaga 824 HP dan torsi mencapai 1.000 Nm.

Peluncuran mesin baru ini terjadi empat tahun setelah Aston Martin mengatakan pihaknya sedang mengembangkan mesin V6 yang lebih kuat untuk menggantikan V8 mereka. Namun, proyek itu terhenti tahun lalu dengan alasan mesin V6 ini tidak memiliki pengalaman berkendara yang sama dengan V8 dan V12.

"Ini bukan hanya tentang melaju secepat yang saya bisa. Saya ingin sedikit emosi dalam perjalanan, saya ingin suara dan gemuruh yang nyata, dan saya ingin tahu dan berpikir, serta mengatakan itu adalah V8 atau V12," kata bos produk dan strategi pasar Aston Martin, Alex Long, dikutip dari laman Carscoops pada hari ini, Kamis, 30 Mei 2024.

"V8 dan V12 umumnya disediakan untuk produk yang sangat spesial dan menarik, sedangkan V6 tidak termasuk dalam segmen premium," ujar Long menambahkan.

Alex Long mengungkapkan bahwa terjadi kebangkitan untuk mesin V8 pasca pandemi Covid-19. Konsumen yang telah memiliki kendaraan listrik untuk kendaraan sehari-hari, masih menginginkan sesuatu yang lain yang bisa memberi mereka pengalaman berkendara yang lebih alami.

"Jadi, banyak sekali pelanggan Aston yang juga memiliki mobil listrik di rumah, namun mereka tetap menginginkan suara, kebisingan, getaran, dan sebagainya dari supercar bermesin V8," ucapnya.

Pilihan Editor: New Kia Carnival Hanya Tersedia 200 Unit Tahun Ini

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi