Tes Misano, Maverick Vinales dan Valentino Rossi Ungkap Hasilnya
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 16 September 2020 06:29 WIB
Pembalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi (kiri) berselebrasi dengan rekan setim, Maverick Vinales dalam MotoGP Andalusia 2020 di Circuito de Jerez, Jerez, Spanyol, Ahad, 26 Juli 2020. Pekan lalu, adik Rossi, Luca Marini berhasil meraih juara pertama Moto2 GP Spanyol. REUTERS/Jon Nazca

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap tim Monster Energy Yamaha Maverick Vinales sekali lagi menunjukkan kecepatannya di Sirkuit Misano, ketika ia memuncaki catatan waktu di sesi tes ofisial MotoGP, Selasa, 15 September 2020.

Tes Misano yang menjadi tes ofisial pertama dan terakhir yang digelar di tengah musim sebelum tim-tim mempersiapkan diri untuk pekan-pekan kejuaraan yang sibuk.

Dari kedua sesi tes hari itu, catatan Vinales 1:31,532 berjarak hanya 0,271 detik dari pembalap LCR Honda Takaaki Nakagami yang berada di peringkat dua.

Vinales hari itu menguji ban medium, sasis, rear finger brake baru, dan sejumlah pilihan lengan ayun. Dia menyelesaikan 47 lap di sesi siang, finis P7 dan memutuskan untuk membuka gas penuh di sesi siang.

Pembalap Spanyol itu sempat terjatuh di Tikungan 6, karena ban masih dingin, satu jam sebelum akhir sesi kedua, namun mampu bangkit untuk meneruskan pengujian hingga menyelesaikan total 92 putaran.

"Aku masih kecewa dengan apa yang terjadi pada Minggu (balapan), karena hari ini kami juga kuat. Bahkan setelah aku terjatuh, aku langsung membuat lap cepat," kata Vinales finis P6 di GP San Marino kendati start dari pole position itu.

"Akhir pekan lalu motor terasa sangat baik, dan sulit untuk lebih baik dari itu. Dengan komponen baru aku bisa membuat waktu putaran yang sama, namun lebih santai. Ini tanda positif. Berarti jika aku harus menekan, mungkin aku bisa membalap lebih cepat."

Sedangkan rekan satu timnya, Valentino Rossi menghabiskan waktunya menguji knalpot baru dan juga sejumlah suku cadang (parts) baru untuk meningkatkan kecepatan puncak dan meningkatkan pengendalian motor YZR-M1.

Rossi tidak terlalu menaruh perhatian dengan catatan waktu hari itu. The Doctor menyelesaikan 90 putaran untuk melakukan evaluasi mendetail dari suku cadang yang ia uji sesuai dengan apa yang ia kehendaki untuk menantang kejuaraan musim ini.

The Doctor tak menunjukkan tanda-tanda kelelahan, mencatatkan waktu 1:32,946 di lap di sesi siang dan finis P17, 1,414 detik dari rekan satu timnya.

"Kami bekerja keras hari ini, aku melaju banyak putaran, karena kami memiliki sejumlah hal untuk diuji," kata Rossi dikutip laman resmi tim.

"Tesnya tak terlalu buruk. Seperti biasa, dari semua yang kami uji, ada sejumlah perbaikan, sedangkan beberapa yang lain tidak. Tapi secara umum, ini tes yang bagus."

Namun demikian, sasis baru yang diuji Yamaha hari itu tidak menunjukkan hasil yang memuaskan, sehingga team director Massimo Meregalli memutuskan untuk tidak akan memakainya hingga akhir musim nanti.

Sesi tes selama satu hari itu juga dimanfaatkan tim-tim rival untuk menjajal sasis baru serta holeshot device, yang membantu pembalap ketika start.

Selain itu, sejumlah pembalap juga menguji sistem komunikasi yang ditujukan untuk meningkatkan keselamatan dengan memperingatkan pembalap tentang bahaya yang ada di trek.

Tim dan pembalap masih akan berada di Misano sepanjang akhir pekan ini untuk bertarung di seri ketujuh MotoGP 2020 yang bertajuk Grand Prix Emilia Romagna.

#Maverick Vinales
#Valentino Rossi
#MotoGP

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi