Belum Rilis, Toyota Raize Dapat Relaksasi PPnBM
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 27 Februari 2021 15:57 WIB
Mobil SUV Toyota Raize santer segera mengaspal di Indonesia. Kembaran Daihatsu Rocky tersebut diduga kuat dibanderol harga di bawah Toyota Rush. Menurut informasi yang berkembang di kalangan media sosial otomotif, harga Toyota Raize 2021 off the road di Indonesia Rp 145 juta - Rp 182 juta. Toyota Global

GOOTO.COM, JakartaToyota Raize dan Daihatsu Rocky ternyata sudah masuk dalam daftar mobil yang mendapatkan relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) tahun ini. Dalam daftar kendaraan bermotor yang memperoleh stimulus pajak yang dirilis Kementerian Perindustrian, Raize dan Rocky tercatat memiliki kandungan lokal 70 persen. Ini sesuai dengan syarat yang diberlakukan pemerintah untuk mendapatkan stimulus pajak yakni kendaraan penumpang bermesin 1.500 cc ke bawah berpenggerak 4x2 yang dirakit di dalam negeri dengan kandungan lokal minimal 70 persen.

Baca juga: Toyota Raize Meluncur Mei 2021 di Indonesia?Artinya, Toyota Raize - Daihatsu Rocky sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan penghapusan PPnBM alias PPnBM nol persen pada mulai 1 Maret hingga 31 Mei 2021. Tempo memperkirakan Rocky-Raize akan dipasarkan dengan harga Rp 200 juta hingga Rp 250 jutaan. Harga tersebut akan berada di bawah Toyota Rush-Daihatsu Terios. Video membedah Daihatsu Rocky di Tokyo Motor Show 2019:Meski demikian, hingga saat ini baik Toyota maupun Daihatsu belum merilis jadwal peluncuran si kembar tersebut. Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, mengatakan bahwa daftar harga yang telah disesuaikan dengan aturan relaksasi PPnBM akan diumumkan pada 1 Maret. “Kami saat ini sedang koordinasi dengan dealer,” kata Anton saat dihubungi Tempo, Sabtu, 27 Februari 2021. Interior SUV yang diperkirakan generasi terbaru dari Daihatsu Rocky tampil modern. Tokyo, 25 Oktober 2019. TEMPO/Wawan Priyanto.Mengenai harga baru ini, PT Astra Daihatsu Motor yang memasarkan mobil Daihatsu di Indonesia, juga masih enggan membocorkannya. “Kami akan publikasikan di website resmi segera,” kata Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT ADM.

Model SUV kompak ini diperkirakan merupakan generasi terbaru dari Daihatsu Rocky. Dipamerkan di Tokyo Motor Show 2019. Tokyo, Jepang, 25 Oktober 2019. TEMPO/Wawan Priyanto.Toyota tercatat memiliki model paling banyak dalam daftar kendaraan bermotor yang mendapatkan stimulus PPnBM. Model-model itu terdiri dari Toyota Yaris, Vios, Sienta, Avanza, Rush, dan Raize. Sedangkan Daihatsu terdiri dari Xenia, Luxio, Gran Max minibus, Terios, dan Rocky.Stimulus PPnBM diusulkan untuk dilakukan sepanjang tahun 2021 dengan skenario insentif PPnBM sebesar 100 persen dari tarif akan diberikan pada tahap pertama (Maret-Mei), lalu diikuti insentif PPnBM sebesar 50 dari tarif di tahap kedua (Juni-Agustus), dan insentif PPnBM 25 persen dari tarif akan diberikan pada tahap ketiga (September-November).

#PPnBM
#Relaksasi Pajak
#Toyota Raize
#Daihatsu Rocky
#PPnBM Nol Persen
#Pajak Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi