Tips Posisi Ideal Riding Naik Skuter Matik Bongsor
Reporter: Moh Khory Alfarizi
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 15 Maret 2021 15:59 WIB
Peserta turing Honda PCX dengan tema PCX Luxurious Trip 2019 melintas di Jalan Raya Kayu Putih- Munduk, dari Denpasar menuju Menjangan, Bali, Sabtu, 14 November 2019. (AHM)
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Berkendara jarak jauh memang menyenangkan, tapi agar tidak mudah lelah perlu diperhatikan posisi tubuh berkendara yang tepat. Terutama mengendari skuter matik bongsor seperti Honda PCX. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Manager Safety Riding AHM Johanes Lucky, menjelaskan posisi tubuh saat berkendara yang benar dan nyaman dapat menurunkan potensi terjadinya kecelakaan akibat kelelahan saat berkendara.

“Dalam berkendara, fokus dan kenyamanan menjadi aspek yang sangat penting,” ujar dia dalam keterangan tertulis, Senin, 15 Maret 2021.

Misalnya, bisa dicoba ngegas dengan Honda PCX yang baru saja dirilis bulan lalu. Skutik besar dengan mesin 160cc eSP+ ini menawarkan segitiga ergonomi postur berkendara yang cocok untuk perjalanan jarak dekat maupun jauh.

Menurut Lucky, pengendara harus mampu mengidentifikasi medan atau kondisi jalan yang dilewati. Namun, dengan waktu bersamaan juga harus rileks agar menghilangkan ketegangan sehingga mengurangi letih yang terlalu cepat ketika berkendara dengan sepeda motor.

Baca juga: Delapan Tips Ringan Turing Naik Sepeda Motor agar Aman di Jalan

“Dengan posisi berkendara yang benar serta kendaraan seperti Honda PCX, riders tetap bisa memperhatikan keselamatan dengan cari aman. Sehingga berkendara akan menjadi lebih aman dan menyenangkan,” tutur Lucky.

Berikut beberapa tips posisi tubuh yang pas agar berkendara nyaman:

1. Ride on position

Pada posisi ini, tubuh bagian atas pengendara akan lebih santai. Hal ini dikarenakan posisi punggung yang tegak sehingga dapat menurunkan stress pada bagian bahu, punggung dan leher.

Dengan skuter matik seperti Honda PCX, posisi stang kemudi yang sedikit lebih tinggi dari posisi pinggul membuat tangan bagian depan lebih rileks. Menurunnya ketegangan pada otot tangan bagian depan memberikan handling nyaman dan maksimal.

Selain itu, posisi lutut yang relatif rata dengan pinggul dapat mengurangi stres atau ketegangan pada paha. Ditunjang dengan design jok yang mampu menyangga dengan baik.

2. Leasure position

Leasure position merupakan posisi kaki dapat berpindah ke bagian depan saat sedang berkendara, seperti yang ditawarkan Honda PCX terbaru. Posisi ini digunakan untuk menurunkan ketegangan pada kaki bagian bawah atau betis saat perjalanan jarak jauh. Saat dirasa ketegangan pada kaki bagian bawah sudah membaik atau berkurang, kita bisa kembali pada posisi ride on position.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi