Ini Dampak Buruk Ketika Malas Mencuci Sepeda Motor Setelah Kehujanan
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 11 September 2022 16:06 WIB
Ilustrasi mencuci motor. TEMPO/Wawan Priyanto

GOOTO.COM, Jakarta - Mencuci sepeda motor merupakan salah satu perawatan agar bodi motor tetap terjada dan terlihat bersih, selain itu juga menjaga kebersihan motor menjadikan kendaraan tersebut enak dipandang. Ketika musim hujan, motor menjadi rentan kotor karena melewati jalan yang basah dan genangan air ketika berkendara. Maka dari itu, saat musim hujan Anda harus lebih rajin untuk mencuci sepeda motor.

Walaupun jika Anda berfikir mencuci motor dikala musim hujan akan sia-sia karena nantinya akan kotor lagi. Namun, jangan salah karena mencuci motor setelah terkena hujan sangat penting dilakukan sebab air hujan berpotensi merusak secara perlahan. Maka dari itu, simak penjelasan dampak buruk malas mencuci motor. Dilansir dari Suzuki hari ini, Minggu, 11 September 2022:

  1. Mesin jadi overheat

Hal yang pertama yang akan dirasakan karena tidak mencuci motor dikala musim hujan adalah mesin bisa menjadi overheat dikarenakan bekas air hujan yang mengendap telah menjadi kotoran setelah cukup lama dan bersarang di radiator. Kalau sudah seperti itu hampir pasti mesin akan mengalami panas berlebihan atau biasa di sebut overheat.

  1. Rusaknya suspensi

Selain mesin, suspensi dapat rusak karena kotoran air hujan jika dibiarkan saja. Kotoran bekas air hujan itu dapat menyebabkan suspensi menjadi mengeluarkan suara decit yang cukup mengganggu dan juga fungsinya jadi berkurang serta tidak empuk.

  1. Rantai akan berkarat

Rantai akan kena imbasnya karena terkena langsung dengan air hujan serta kotoran dari jalan yang tergenang air. Jika dibiarkan rantai akan mengalami karat dan mengeluarkan bunyi yang membuat tidak nyaman dan setelah itu mungkin juga rantai bisa patah atau putus karena tidak cukup pelumas serta kering berkarat.

  1. Timbul karat pada part berbahan logam

Selain rantai, part-part yang berbahan logam pada motor juga akan berkarat jika tidak segera dibersihkan, seperti halnya velg, kick starter, standar dan lain-lain. Air hujan yang tidak segera di bersihkan akan membuat part yang terbuat dari logam ini cepat karatan dan jika part tersebut karatan fungsinya pun juga akan terganggu serta jadi tidak enak untuk dilihat.

  1. Body menjadi kusam

Kotoran yang menempel di body dan dibiarkan akan menyebabkan body menjadi kusam, dan juga dibagian kaki-kaki motor juga dapat menimbulkan kerak kotoran yang sulit untuk dibersihkan nantinya. Terlebih lagi akan menimbulkan water spot atau bercak di motor yang membuat motor terlihat tidak terawat.

Itulah beberapa informasi jika kita malas mencuci motor saat musim hujan datang. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda merawat motor dan mencucinya secara berkala agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti penjelasan di atas.

Baca juga: Sebaiknya Meminimalkan Siraman Air di Bagian Ini Saat Mencuci Motor

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Sepeda Motor
#Musim Hujan
#Mencuci Motor
#Tips Mencuci Motor
#Skuter Matik
#Air Hujan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi