Lotus Evija, Mobil Listrik yang Memiliki Akselerasi Formula 1
Reporter: Terjemahan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 28 April 2021 23:38 WIB
Lotus keluarkan mobil listrik yang memiliki akselerasi Formula 1.

GOOTO.COM, Jakarta - Perusahaan mobil ternama Lotus saat ini tengah memasuki tahap akhir dalam pengembangan produksi Evija. Ini merupakan tipe mobil listrik andalan yang memiliki akselerasi Formula 1.

Managing Director baru Lotus, Matt Windle pun akhirnya angkat bicara mengenai mobil ciptaannya. Meski baru beberapa bulan lagi diproduksi, akan tetapi Windle sudah menemukan ‘rasa’ Lotus dalam mobil Evija tersebut.

“Kami masih beberapa bulan memasuki produksi seri, tapi EP1 sudah memiliki 'rasa' Lotus yang tidak diragukan lagi. (Ini) hypercar yang unik dan ekstrim, tapi tetap saja, (itu adalah) Lotus. Saya sangat bersemangat dan sangat bangga dengan apa yang telah dicapai tim," ucapnya.

Lotus sendiri akan menggunakan empat motor listrik. Dengan begitu, mobil ini akan mendapatkan banyak daya tembak. Sehingga akhirnya Evija akan berakselerasi seperti kelelawar (300km/jam).

“Kami sudah menyelesaikan 80% di sana, dalam hal tenaga, baterai, motor, dan bodi,” tambah Gavan Kershaw, kepala penguji perusahaan.

“Sekarang, 20% sisanya adalah tentang menambahkan keajaiban, agar semuanya bekerja secara harmonis dengan cara Lotus yang unik, untuk memberikan pengalaman berkendara yang kami inginkan. Ini adalah hypercar,” lanjutnya.

Mobil listrik Lotus Evija ini menawarkan lima mode berkendara yang berbeda, yakni Range, City, Tour, Sport, dan Track. Tenaga akan dibatasi hingga 1.000 HP dalam mode Range. Anda yang memilih mode City, nantinya mobil bakal menyesuaikan tingkat pengereman regeneratif untuk pengalaman berkendara yang lebih nyaman.

Bila menggunakan Mode Tour, mobil Anda akan meningkatkan output daya hingga 1.400 HP dan mengaktifkan vektor torsi. Sementara itu, jenis Sport bisa meningkatkan tenaga kuda lebih jauh hingga 1.700 HP. Jika Anda menginginkan pukulan penuh hampir 2.000 HP, Anda harus menggunakan Track.

Bagi orang yang mungkin lebih sering berkendara dengan cepat, maka mobil ini cocok untuknya. Karena Lotus sendiri memastikan bahwa Evija ini memiliki akselerasi serupa Formula 1.

“Ini sudah menjadi mobil jalan tercepat di sekitar trek Hethel, dan beberapa mobil dan pengemudi legendaris telah mencetak rekor di sini selama bertahun-tahun. Ini memiliki akselerasi Formula 1, tetapi dalam kokpit tertutup,” tambah Kershaw. 

Baca: Honda Kembali Jadi Sponsor Formula 1 di Musim Terakhirnya

CARSCOOPS

#Formula 1
#lotus
#Hypercar
#Mobil Listrik

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi