Gantikan GP Kanada, Turki Masuk Jadwal Formula 1 2021
Reporter: Terjemahan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 29 April 2021 10:19 WIB
Pembalap Lewis Hamilton menjadi yang pertama mencapai garis finis balapan F1 GP Turki di Istanbul Park, Istanbul, Turki, Ahad, 15 November 2020. REUTERS/Tolga Bozolgu

GOOTO.COM, Jakarta - Turki dikabarkan bakal masuk ke dalam jadwal Formula 1 2021 setelah GP Kanada dibatalkan dari agenda. Awalnya, F1 bakal menggelar balapan di Montreal, Kanada, pada 13 Juni mendatang.

Akan tetapi, karena kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda, Kanada akhirnya keluar dari kalender Formula 1. Mengingat, negara itu memberlakukan pembatasan masuk (orang asing) yang ketat.

"Karena pembatasan perjalanan internasional yang sedang berlangsung di Kanada, menjadi tidak mungkin bagi Formula 1 untuk memasuki negara itu tanpa karantina wajib selama 14 hari," bunyi pernyataan F1.

"Kami berterima kasih atas upaya promotor dan pihak berwenang di Kanada, Quebec, dan Montreal dalam beberapa minggu terakhir untuk mencoba dan mewujudkan balapan,” lanjut pernyataan tersebut.

Pihak promotor Formula 1 sendiri saat ini telah mencoba untuk tidak merugikan pihak penonton yang sudah membeli tiket GP Kanada. Nantinya, F1 bakal memberikan dua opsi untuk mengganti rugi uang sang penonton.

"Kami akan bekerja dengan promotor untuk memastikan mereka yang memiliki tiket dari balapan 2020 dan 2021 mendapatkan opsi pengembalian uang, atau mentransfer tiket mereka ke balapan tahun depan dan berharap balapan di Kanada pada 2022."

Situasi ini membuat Turki ditunjuk untuk menggantikan Kanada di kalender Formula 1 2021. Presiden F1, Stefano Domenicali mengatakan bahwa dirinya sangat senang dengan ketersediaan Turki untuk menjadi tuan rumah.

"Meskipun mengecewakan kami tidak bisa berada di Kanada musim ini, kami sangat senang untuk memastikan bahwa Turki akan menjadi tuan rumah Grand Prix pada 2021 setelah balapan yang luar biasa musim lalu," kata Domenicali.

"Saya tahu semua penggemar kami bersemangat dengan awal musim yang dramatis dan Turki adalah sirkuit hebat yang menghadirkan pertarungan menarik di lintasan,” lanjut sang petinggi Formula 1 tersebut.

Baca: Honda Kembali Jadi Sponsor Formula 1 di Musim Terakhirnya

Motosport

#Formula 1
#F1
#Turki
#Kanada
#Stefano Domenicali

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi