Rawat Motor Sport di Rumah Selama PPKM Jawa Bali, Ini Tips dari Yamaha
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Jobpie Sugiharto
Sabtu, 3 Juli 2021 14:09 WIB
Motor sport Yamaha All New XSR 155.

TEMPO.CO, Jakarta - Pemilik motor sport perlu mengetahui cara merawat kendaraannya di rumah terlebih saat PPKM Jawa Bali pada 3-20 Juli 2021.

Manager Service CS Divison PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Riyadi Prihantono mengatakan perawatan motor sport penting dilakukan demi menjaga performanya tetap prima.

"Kami memberikan beberapa panduan yang dapat diikuti agar kondisi motor tetap terjaga dengan baik," kata Riyadi dalam keterangan resmi yang diterima Tempo hari ini, Sabtu, 3 Juli 2021.

Berikut beberapa komponen yang perlu diperiksa untuk merawat motor sport menurut Yamaha:

1. Bahan BakarPeriksa bagian saluran bahan bakar, apakah ada kebocoran tangki, atau ada penyumbatan dan kerusakan pada saluran selang motor sport.

Untuk memeriksa, Yamaha menyarankan cukup lakukan penciuman di sekitar saluran bensin, bila ada bau bensin, segera periksa sumber kobocoran dan hindari dari percikan api.

2. Oli MesinPeriksa ketinggian oli mesin dan periksa juga apabila ada kebocoran oli di sekitar mesin. Biasakan mengganti oli motor sport secara rutin setiap 3.000 km.

3. Air Radiator (Cairan Pendingin)Ketinggian cairan pendingin di dalam reservoir perlu diperiksa. Jika kurang dapat ditambahkan cairan pendingin yang disarankan dan pastikan tidak ada kebocoran sistem pendingin.

4. Sistem PengeremanYamaha menyarankan periksa ketinggian level minyak rem lewat indikator pada master rem. Kemudian juga pastikan kampas rem depan dan belakang tidak aus.

Jangan lupa untuk bersihkan kampas rem motor sport dari pelumas dan serbuk kampas rem pada permukaan rem.

5. KoplingTips lain Yamaha, tuas kopling perlu dipastikan fungsinya tetap normal dan lakukan penyetelan jika diperlukan.

6. Rantai PenggerakCek kekencangan rantai motor sport dan lakukan penyetelan jika diperlukan. Selalu bersihkan rantai dan lumasi dengan pelumas yang disarankan.

7. BanPeriksa tekanan ban dan alur ban tetap dalam kondisi normal agar tidak berpengaruh terhadap performa motor. Tekanan normal ban depan adalah 200 kPa/29 psi, sementara ban belakang 225 kPa/33 psi.

8. AkiUntuk memeriksa bagian aki, cukup cek fungsi starter dan klakson motor sport. Apabila masih berfungsi normal, maka dipastikan aki masih dalam kondisi baik.

Pengguna motor sport dapat menggunakan multitester untuk memerika tegangan aki. Normalnya tegangan aki adalah di atas 12.4 volt, apabila kurang dari itu perlu dilakukan pengisian ulang.

9. Bersihkan MotorTips terakhir Yamaha selama PPKM Jawa Bali adalah apabila motor sport diparkir di ruang terbuka, bersihkan motor dari debu dan kotoran lainnya secara rutin. Kemudian jika motor terkena hujan, segera cuci untuk menghindari karat pada komponen motor.

BacaIni Dia, Motor Sport Terbaru Keluaran Yamaha 

#Motor Sport
#Sepeda Motor Sport
#PPKM
#PPKM Jawa Bali
#Yamaha
#Tips

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi