VW Tahan Produksi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 27 November 2008 21:01 WIB

TEMPO Interaktif, Frankfurt: Pabrikan otomotif terbesar Eropa, Volkswagen, mengumumkan Selasa (25/11) kemarin rencana pemberhentian sementara produsi mereka. Hal ini dilakukan menyusul turunnya penjualan mobil yang terimbas krisis ekonomi global.

VW berniat menutup pabrik mereka di utara Wolfsburg selama tiga pekan, akhir tahun ini, untuk mengurangi over produksi. Penutupan dari 18 Desember sampai 1 Januari ini akan berpengaruh pada 16 ribu tenaga kerja.

Porsche, yang tengah dalam pembicaraan untuk dibeli VW, juga berniat melakukan hal yang sama. Setelah menahan produksinya di Zuffenhausen, pembuat mobil sport itu akan menambah libur mereka selama tujuh hari pada Januari mendatang.

Langkah ini memang dilakukan hampir semua pabrikan otomotif terbesar di Jerman seperti BMW, Daimler dan Opel. BMW, Selasa kemarin, juga mengumumkan akan mengurangi karyawan tidak tetapnya di Leipzig. Jumlah ini menambah pengurangan 8,100 karyawan yang sudah dilakukan sebelumnya.

"Beberapa ratus pekerja kontrak akan dirumahkan. Dari 24 November sampai 19 Desember, pabrik di Leipzig hanya akan beroperasi dalam satu shift," kata juru bicara BMW.

Pabrikan mobil mewah Jerman itu terkena imbas lumayan besar menyusul turunya penjualan di Amerika Utara yang sebelumnya menjadi salah satu basis penjualan mereka. Recananya BMW akan mengurangi produksi total mejadi sekitar 65.000 unit kendaran tahun ini atau turun 4% dari produksi tahun 2007.

AFP | Raju Febrian 

#Otomotif
#Universitas Negeri Yogyakarta

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi