Tips Merawat CVT Motor Matik yang Harus Dipahami Pengendara
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 21 Juli 2021 15:11 WIB
Kepala mekanik Ahass Putera Merdeka Cibubur, Anvany Irawan sedang melakukan servis CVT pada Honda Beat pada Rabu, 2 Januari 2019. TEMPO/Wisnu Andebar

GOOTO.COM, Jakarta - CVT (Continuously Variable Transmission) adalah salah satu bagian penting pada motor matik. Maka dari itu, para pengendara setidaknya harus memahami bagaimana cara merawatnya.

“Perawatan CVT motor matik sangat penting sehingga harus diperhatikan agar selalu berfungsi dengan baik,” kata Wahidin, Senior Manager Aftersales Main Dealer PT Thamrin Brothers.

“Karenanya kami memberikan beberapa poin yang perlu diperhatikan oleh konsumen untuk menjaga kinerja CVT tersebut,” lanjut dia.

Untuk lebih lengkapnya, berikut redaksi Gooto.com mencoba untuk merangkum tips merawat CVT motor matik dengan baik dan benar.

  1. Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah menjauhkan CVT dari debu, air dan oli. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya bunyi pada bagian dalam motor matik. Bahkan hal ini bisa menghambat laju kendaraan karena putaran mesin tidak bisa dialirkan ke roda belakang.
  1. Selanjutnya, para pengendara juga harus rutin melakukan service CVT, setidaknya per 10.000 km sekali. Service ini dilakukan untuk memeriksa dan membersihkan komponen CVT. Mengingat, beberapa komponen CVT membutuhkan pelumasan.
  2. Filter CVT disarankan untuk diperiksa demi menghindarkan air dan debu yang masuk. Paling tidak, pengendara bisa melakukannya setiap 1.000 km.
  3. Sebagai motor pada umumnya, Anda juga tidak boleh luput untuk melakukan pergantian oli mesin dan oli gear. Ini bisa mempengaruhi laju kendaraan.
  4. Terakhir, V-belt juga harus diperhatikan agar perofrma motor matik Anda lebih maksimal. Pergantian itu bisa dilakukan saat kendaraan Anda sudah menhabiskan perjalanan 24.000 - 25.000 km.

Baca: 3 Tips Memilih Jenis Ban Tubeless yang Punya Kualitas Tinggi

#Motor Matik
#CVT
#Tips
#Tips Merawat Motor
#Pengendara

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi