F1 GP Hungaria: Honda Pastikan Mesin Mobil Max Verstappen Tak Perlu Diganti
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 1 Agustus 2021 02:48 WIB
Pembalap tim Red Bull Max Verstappen menjalani sesi latihan bebas pertama Grand Prix Hungaria, Sirkuit Hungaroring, Budapest, 30 Juli 2021. (ANTARA/REUTERS/Florian Goga)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Honda memastikan bahwa mesin mobil Max Verstappen (Red Bull Racing) tidak perlu diganti untuk tampil di seri Formula 1 Grand Prix Hungaria, Minggu, 1 Agustus 2021. Kepastian ini didapat setelah Verstappen tampil menjanjikan di latihan bebas pertama (Free Practice 1/FP1) pada Jumat lalu. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebelumnya, power unit yang tersemat di mobil Verstappen itu mengalami benturan keras di pagar pembatas dalam kecepatan tinggi menyusul insiden senggolan dengan Lewis Hamilton di tikungan Copse Sirkuit Silverstone pada lap pembuka Grand Prix Inggris.

Sasis mobil Verstappen rusak parah dan pembalap asal Belanda harus dibawa ke rumah sakit untuk cek medis meski akhirnya lolos dari cedera serius dan dinyatakan fit untuk balapan di Hungaria.Red Bull menjajal mesin tersebut ketika sesi latihan bebas pertama, yang membawa Verstappen tampil tercepat di sesi pagi pada Jumat, untuk mengetahui kelayakan dapur pacu mobil RB16B itu untuk menjalani seluruh akhir pekan di Hungaroring.

Red Bull menyebut mereka mengalami kerugian kurang lebih US$ 1,8 juta (sekira Rp24 miliar) akibat tabrakan tersebut.

Di saat Verstappen tampil tercepat di FP1, diikuti finis P3 di sesi latihan kedua di Budapest, direktur teknis F1 Honda Toyoharu Tanabe menyatakan ia puas dengan performa power unit tersebut.

"Bagus melihat Max tidak menderita dampak merugikan apapun dari kecelakaan Silverstone dan kami dapat mengecek bahwa PU yang ia gunakan di akhir pekan GP Inggris bekerja normal," kata Tanabe seperti dikutip laman resmi Formula 1.

Honda sebelumnya telah memeriksa power unit yang dimaksud di fasilitas mereka di Sakura, Jepang.

"Akan tetapi, secara umum, masih banyak ruang untuk perbaikan dan itu yang akan kami kerjakan sekarang," kata Tanabe melanjutkan.

"Kualifikasi sangat ketat di sebagian besar sirkuit tahun ini, dan selalu begitu hasilnya di trek pendek seperti Hungaroring, catatan putaran akan lebih ketat dari biasanya, jadi kami berharap pertarungan sangat sengit untuk kualifikasi besok."

Honda mendapati sesi latihan Jumat yang positif saat Pierre Gasly membawa AlphaTauri berturut-turut di P5 dan P6 di FP1 dan FP2, meskipun rookie Yuki Tsunoda menjalani hanya satu flying lap di FP2 setelah mekanik memperbaiki mobilnya yang rusak buntut kecelakaan di Tikungan 4 saat sesi latihan pagi.Baca juga: Lewis Hamilton Menelepon Max Verstappen Usai Tabrakan

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi