November, Penjualan Kendaraan Spanyol Turun 50%
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 1 Desember 2008 21:56 WIB

TEMPO Interaktif, Madrid: Imbas penurunan penjualan kendaraan juga dirasakan Spanyol. Bulan November lalu penjualan kendaraan negara tersebut mengalami penurunan drastis mencapai 49,6% dibandingkan tahun lalu ke angka 63,068 unit.

Asosiasi Perusahaan Manufakur Spanyol (ANFAC) dalam laporannya Senin kemarin menyebutkan penurunan bulanan ini merupakan yang terbesar dalam sejarah pasar mobil negara tersebut.

"Terbatasnya akses kredit, pengangguran, dan turunnya pendapatan membuat kepercayaan konsumen turun sehingga mempengaruhi penjualan kendaraan," tulis ANFAC.

Selama 11 bulan tahun ini, ANFAC mencatat penjualan kendaraan turun sebesar 26% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sampai saat ini penjualan di Spanyol baru mencapai 1.470.394 unit.

Perdana Menteri Spanyol, Jose Luis Rodriguez Zapatero, menganggarkan dana 800 juta euro (Rp 12,988 triliun) dari 11 miliar euro paket bantuan pemerintah untuk membantu sektor otomotif. Sektor otomotif menyumbangkan 8,4% dari pendapatan domestik bruto (GDP) Spanyol. Dan 15% diantara produk ini merupakan untuk pasar ekspor.

AFP | Raju Febrian

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi