Begini Teknik Jatuh dari Motor yang Aman Versi Astra Honda Motor
Reporter: Non Koresponden
Editor: Jobpie Sugiharto
Minggu, 29 Agustus 2021 16:57 WIB
Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo terjatuh dalam balapan MotoGP Aragon di MotorLand Aragon, Alcaniz, Spanyol, Ahad, 23 September 2018. REUTERS/Heino Kalis
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Setiap pengendara sepeda motor harus siap dengan resiko terjatuh di jalanan maupun di medan touring. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pembalap hebat di lintasan sirkuit MotoGP pun pernah mengalami jatuh dari motor atau high side (terlempar dari motor) atau low side (meluncur di aspal).

“Pada prakteknya, teknik jatuh di atas tidak semudah seperti saat disampaikan. Maka tetap gunakan perlengkapan berkendara dengan baik, tingkatkan kemampuan berkendara, kendalikan emosi, pahami prediksi, dan antisipasi bahaya saat berkendara di jalan untuk keselamatan berkendara,” kata Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky hari ini, MInggu, 29 Agustus 2021. 

Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan tips teknik jatuh dari motor untuk meminimalisasi dampak negatif pada tubuh pengendara.

Simak tips aman terjatuh dari motor berikut ini:

1. Lepaskan diri dari sepeda motorPada beberapa kondisi, motor memiliki sisi emosional bagi pengendaranya, bahkan saat terjatuh pun kita takut kehilangan. Namun pengendara harus rasional sebab potensi bahaya tinggi jika ketika terjatuh masih berpegangan pada motor.

Melepaskan diri dari sepeda motor akan membantu mengurangi bahaya pada tubuh dan memberikan kesempatan kepada pengendara untuk berguling.

2. BergulingMenurut Astra Honda Motor, jatuh dari motor dengan posisi berguling dapat mengurangi efek dari benturan terhadap permukaan jalan.

Caranya, lipat tangan ke dada dengan posisi memeluk melingkari tubuh. Menunduk dengan dagu menempel pada dada. Saat berguling, arahkan benturan pada bahu bagian belakang, untuk mengurangi dampak yang lebih buruk terhadap tubuh.

3. Berguling ke Sisi Kiri JalanSetelah berguling melepaskan sepeda motor, sebaiknya pengendara mengarahkan tubuh ke kiri jalan. Hal ini lebih minim resiko karena sisi sebelah kiri jalan tidak seaktif sisi kanan jalan.

4. Tidak Langsung BerdiriSetelah terjatuh sebaiknya diam dulu sejenak. Coba melakukan gerakan pada tangan dan kaki untuk melakukan konfirmasi, apakah ada yang terkilir atau patah. 

5. Segera ke Rumah SakitAstra Honda Motor menyarankan sebaiknya segera ke Rumah Sakit untuk memeriksa lebih detail dan mendapatkan tindakan medis lanjutan setelah terajtuh dari motor.

BacaHonda Perkenalkan Motor Anti Jatuh Berteknologi Robotik

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi