Formula 1 Italia: Valtteri Bottas Juara Sprint Race, Max Verstappen Kedua
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 12 September 2021 06:28 WIB
Pebalap tim Mercedes Valtteri Bottas melakukan selebrasi setelah memenangi sprint race di Sirkuit Monza, Italia. Sabtu, 11 September 2021. (ANTARA/Pool via REUTERS/Lars Baron)

GOOTO.COM, JakartaValtteri Bottas (Mercedes) tampil dominan menjuarai sprint race jelang Grand Prix Italia di Sirkuit Monza, Sabtu, 11 September 2021. Sedangkan pemuncak klasmen sementara, Max Verstappen (Red Bull) finis runner-up demi memperlebar jarak dari Lewis Hamilton (Mercedes).

Bottas, yang bakal meninggalkan Mercedes di akhir musim untuk ke Alfa Romeo, menyelesaikan balapan 18 putaran itu 2,325 detik di depan Verstappen, sedangkan Daniel Ricciardo melengkapi podium setelah mengalahkan rekan satu timnya di McLaren, Lando Norris, demikian laman resmi Formula 1.

Poin 3-2-1 diberikan kepada pembalap yang finis tiga teratas di balapan eksperimental kedua yang diperkenalkan F1 musim ini.

Dengan tambahan dua poin, Verstappen kini mengantongi keunggulan lima poin atas Hamilton, yang hanya mampu finis P5 setelah posisinya melorot berkat start yang buruk.

"Hari ini saya menikmati balapan yang baik dan bersih, dan kami memiliki kecepatan," kata Bottas.

Pierre Gasly (AlphaTauri) mengakhiri balapan lebih dini karena kehilangan sayap depan mobilnya yang menyebabkan hilang kendali hingga meluncur ke gravel di lap pertama dan menyebabkan Safety Car dikeluarkan untuk tiga lap pembuka.

Start dari pole position, Valtteri Bottas melesat tanpa terlibat drama senggolan dengan pembalap lainnya di sirkuit Monza yang cukup sempit itu serta menjaga posisinya tetap terdepan hingga lap terakhir.

Verstappen sepanjang akhir pekan ini pesimistis dapat lebih cepat dari mobil Mercedes, dan terbukti ia tidak bisa menandingi kecepatan W12 yang cukup superior di sirkuit super-cepat itu.

"Hasil ini sedikit lebih baik dari yang diharapkan, naik ke peringkat dua dan mencetak sejumlah poin dan naik ke pole besok. Akan jadi pertempuran yang menarik," kata Verstappen.

Posisi finis sprint race menentukan grid balapan pada Minggu. Akan tetapi, Bottas bakal start Grand Prix Italia dari posisi paling belakang karena Mercedes melakukan pergantian komponen mesin.

"Saya akan start dari belakang tapi kami memiliki kecepatan.... kita lihat apakah kami bisa melakukan sesuatu," kata Bottas.

Kru tim Ferrari berpacu dengan waktu memperbaiki mobil Carlos Sainz yang mengalami kecelakaan di sesi latihan kedua sehingga sang pebalap Spanyol dapat beraksi dan finis P7 di belakang rekan satu timnya, Charles Leclerc.

Antonio Giovinazzi naik dua peringkat ke P8 untuk Alfa Romeo, sedangkan Sergio Perez dan Lance Stroll melengkapi sepuluh besar untuk Red Bull dan Aston Martin.

Baca juga: Max Verstappen Juara di Red Bull Ring, Lewis Hamilton Kedua

#Max Verstappen
#Valtteri Bottas
#Lewis Hamilton
#Formula 1 Italia
#Alfa Romeo

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi