Indomobil Targetkan Penjualan Foton Naik 300%
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 12 Desember 2008 23:26 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Target besar dicanangkan Indomobil. Di saat industri otomotif dan sektor riil tengah dibayangi krisis keuangan global Indomobil justru optimistis dapat meningkatkan pangsa pasar Foton di Indonesia menjadi 2.000 unit. Angka ini naik 300% dibandingkan penjualan tahun 2008 yang tercatat sekitar 600 unit.

“Kami memasang target penjualan Foton sebanyak 2.000 unit tahun depan,” kata Paulus B. Suranto, Chief Executive Officer (CEO) PT Indobuana Autoraya (IBAR), anak perusahaan Indomobil Group. Target ini, kata Paulus, didasari keyakinan bahwa kualitas Foton yang dirakit di dalam negeri oleh Indomobil, telah memenuhi standar mutu yang diinginkan oleh konsumen Indonesia.

Paulus menjelaskan bahwa berdasarkan survei yang dilakukan oleh IBAR, minat konsumen untuk membeli kendaraan niaga sebenarnya tinggi, tapi rencana pembelian itu kini terkendala sulitnya mendapatkan pembiayaan dengan tingkat suku bunga dan down payment rendah seperti saat sebelum terjadi krisis keuangan global.

Untuk mengatasi hal tersebut, IBAR kini tengah melakukan penjajakan dan lobi dengan prinsipal untuk mencari jalan keluarnya. Kendati dampak krisis keuangan global masih akan terasa dalam 1-2 tahun ke depan, bisnis sektor riil diharapkan tetap terus berjalan. Bisnis sektor riil itulah yang akan mendorong naiknya permintaan atas kendaraan niaga seperti Foton.

Target kenaikan penjualan tahun depan juga ditunjang oleh rencana IBAR untuk mengeluarkan varian baru Foton berupa pick up 3,2 ton bermesin diesel 2.200 cc dengan harga yang sangat kompetitif , sekitar 30% lebih rendah jika dibandingkan dengan pick-up sejenis.

Varian baru tersebut rencananya akan diluncurkan awal tahun depan. Produk yang sudah diterima pasar internasional tersebut dirakit oleh PT. National Assembler, perusahaan perakitan mobil milik Indomobil Group, yang telah mengantongi sertifikasi ISO 9001-2000.

Di dunia internasional, Foton sudah masuk ke 46 negara, yakni di Asia Barat, Afrika Utara, Eropa Timur, Amerika Selatan, Asia Selatan dan Asia Tenggara. Foton juga sudah menjalin hubungan kerjasama dengan perusahaan otomotif global seperti Daimler dan Cummin Inc. Bersama Daimler, Foton akan membangun pabrik di China untuk mengembangkan mesin diesel besar untuk Mercedez-Benz mulai tahun depan.

Raju Febrian

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi