Kembangkan Mobil Listrik, Menperin Sebut Produsen Jepang Beri Investasi Rp57 T
Reporter: Bisnis.com
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 27 September 2021 15:56 WIB
Agus Gumiwang melakukan kunjungan kerja ke Jepang pada 9-11 Maret 2021 untuk menggaet komitmen investasi perusahaan Jepang di sektor manufaktur, otomotif& petrokimia.

GOOTO.COM, Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita optimistis bahwa produsen Jepang bakal meningkatkan investasinya di Indonesia untuk perkembangan mobil listrik. Bahkan ia menyatakan bahwa perusahaan Jepang suda berkomitmen untuk mengirikan Rp57 triliun.

Agus menjelaskan bahwa Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mengawasi prinsipal otomotif supaya bisa meningkatkan investasi di Tanah Air. Ia pun mengaku sudah melakukan pembicaraan dengan sejumlah produsen mobil ternama asal Jepang.

"Makanya Maret kemarin, saat saya berkunjung ke Jepang, saya bicara dengan Toyota, Honda, Suzuki dan Mitsubishi. Semuanya mau meningkatkan investasi mereka ke mobil listrik ini, baik hybrid maupun full electric. Kita sudah tarik komitmen Rp57 triliun dari mereka sampai 2024," ucapnya, dikutip dari Bisnis.

Lebih lanjut, Menperin mengaku bahwa pasar kendaraan listrik di Indonesia sangat besar. Sayangnya, rasio kepemilikan mobil masih rendah jika dibandingkan dengan negara lainnya di Asia Tenggara.

"Bicara potensi, sangat besar, rasio kepemilikan mobil Indonesia baru 99 unit per 1.000 penduduk, di bawah Thailand 275 unit dan Malaysia 400 unit. Masih terbuka sekali," lanjut Agus menambahkan.

Masih menurut laporan Bisnis.com, penambahan investasi terhadap mobil listrik di Indonesia mencapai 2 miliar dollar AS atau sekitar Rp28,5 triliun. Sedangkan Suzuki dilaporkan bakal memberikan investasi sebesar Rp1,2 triliun.

Sementara itu, Honda dilaporkan bakal menanamkan investasi di Tanah Air sebesar Rp5,2 triliun. Bahkan produsen ternama asal Jepang ini berencana untuk merelokasi pabrik dari India ke Indonesia.

Baca: Peduli Lingkungan, Volvo Tak Lagi Pakai Kulit Sapi dalam Produksi Mobilnya

BISNIS

#Mobil Listrik
#Menperin
#Investasi
#Kendaraan Listrik
#Agus Gumiwang
#Jepang

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi