Qatar Jadi Tuan Rumah Balap Formula 1 19-21 November 2021
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 1 Oktober 2021 07:29 WIB
Losail International Circuit. dok. MotoGP
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Sirkuit Internasional Losail Qatar akan menggelar Grand Prix Formula 1 pertamanya pada 19-21 November 2021. Ini adalah balapan seri ke20 musim ini. Losail telah menandatangi kontrak selama 10 tahun untuk menjadi tuan rumah F1 mulai 2023.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Losail selama ini dikenal sebagai tuan rumah MotoGP serta balapan pendukungnya sejak 2004. Masuknya Qatar ini akan menjadikan balapan F1 digelar di tiga lokasi di Timur Tengah bersama Arab Saudi (3-5 Desember) dan Abu Dhabi (10-12 Desember).

"Ada keinginan kuat dari Qatar untuk membantu F1, dan dalam proses ini, visi untuk kemitraan yang lebih lama dibahas dan disepakati selama 10 tahun,” demikian pernyataan resmi F1 seperti dikutip dari situs Formula1.com, Jumat, 1 Oktober 2021.

Berbicara tentang masuknya Qatar pada kalender 2021, Presiden dan CEO F1 Stefano Domenicali memuji upaya Qatar Motor & Motorcycle Federation (QMMF) dan Otoritas Qatar dalam membantu mengatur Grand Prix dalam waktu singkat. “Kami sangat senang untuk menyambut Qatar ke kalender Formula 1 musim ini dan untuk jangka panjang mulai 2023,” kata Domenicali.

“Federasi dan Otoritas Motor & Motor Qatar sangat luar biasa dan telah bergerak dengan kecepatan tinggi untuk memastikan balapan dapat berlangsung musim ini di Sirkuit Losail, yang terkenal sebagai tuan rumah MotoGP.”

“Kami telah menunjukkan bahwa kami dapat terus beradaptasi dan ada minat besar pada olahraga kami dan harapan dari banyak lokasi untuk menggelar Grand Prix. Upaya besar dari semua tim, F1 dan FIA telah memungkinkan untuk memberikan kalender 22 balapan, sesuatu yang sangat mengesankan selama tahun yang penuh tantangan dan sesuatu yang kita semua bisa banggakan.”

Presiden Qatar Motor & Motorcycle Federation, Abdulrahman Al-Mannai, mengatakan pihaknya senang dapat mendukung Formula 1 dengan masuk dan menjadi tuan rumah balapan di Qatar dalam jangka waktu yang singkat, sementara juga mengamankan kesepakatan jangka panjang dengan F1.

“Kesepakatan yang menarik ini berarti bahwa Qatar akan menjadi rumah bagi Formula 1 dan MotoGP untuk dekade berikutnya, yang merupakan acara puncak dalam motorsport global. Kami memiliki sejarah motorsport yang membanggakan dan ini adalah babak selanjutnya bagi kami. Qatar akan menjadi tujuan yang bagus untuk F1 dan kami berharap dapat segera menyambut semua pembalap, tim, media, dan penggemar,” ujarnya.

Baca juga: Klasemen Formula 1 2021: Persaingan Hamilton dan Verstappen Memanas

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi