MotoGP Amerika: Quartararo dan Mir Keluhkan Aspal yang Bergelombang
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 2 Oktober 2021 16:51 WIB
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, memacu motornya dalam balapan MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Silverstone, Inggris, Ahad, 29 Agustus 2021. REUTERS/Andrew Boyers
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap top MotoGP, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Joan Mir (Suzuki), mengeluhkan permukaan aspal yang berlombang di Circuit Of The Americas (COTA) usai mengikuti sesi latihan bebas pertama dan kedua (FP1 dan FP2), Jumat, 1 Oktober 2021.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut Quartararo, permukaan sirkuit bergelombang yang sangat mengganggu sepanjang sesi latihan bebas kemarin. Permukaan bergelombang itu terutama dirasakan di Tikungan 2, 3 dan 10. Itu adalah tikungan cepat dengan permukaan trek yang bergelombang.

“Mirip seperti trek yang saya gunakan untuk berlatih dengan motor motocross, tetapi jauh lebih cepat dan dengan menggunakan motor MotoGP,” kata Quartararo seperti dikutip dari Autosport.

Rider asal Prancis itu bahkan mengatakan bahwa COTA bukan trek untuk MotoGP. “Untuk balapan satu putaran tidak masalah, tetapi untuk 20 putaran, kita akan melihat bahwa akan ada beberapa momentum buruk waktu balapan.”

Sementara itu, juara dunia musim lalu Joan Mir juga berpendapat sama dengan Quartararo. Bahkan dia menyoroti bahwa trek COTA yang bergelombang sudah pernah dibahas pada musim 2019 dan belum ada perbaikan hingga sekarang.

“Pasti ada semacam solusi dalam kasus ini (trek bergelombang), tetapi itu berarti uang. Itu mahal dan saya tidak tahu apakah mereka dapat menemukan solusi atau tidak,” kata Mir seperti dilaporkan Crash.

"Di sini sepertinya setiap tiga tahun mereka muncul kembali! Saya mengerti itu sulit tetapi kita harus menemukan beberapa solusi karena hari ini ... yah ... kita harus menemukan beberapa ukuran. Kami akan berbicara serius di Komisi Keamanan dan kami akan melihat apa kesimpulannya."

Marc Marquez (Repsol Honda) menjadi pembalap tercepat pada sesi FP1 dan FP2. Sedangkan Jack Miller (Ducati) juga konsisten di peringkat kedua di dua sesi latihan di hari pertama itu. Quartararo sempat terpuruk di FP1, namun mampu tampil lebih cepat di FP2 dan finis di posisi ketiga.

Hari ini MotoGP akan menggelar FP3 dan FP4 serta sesi kualifikasi untuk menentukan posisi start balapan esok harinya.

AUTOSPORT | CRASH

Baca juga:Marc Marquez Rajai FP1 dan FP2 MotoGP Amerika, Jack Miller Kedua 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi