Toyota Bakal Luncurkan Mobil Listrik Serupa Corolla, Harganya Rp 453 Juta
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 7 Desember 2021 14:32 WIB
Toyota bZ4X. (Toyota)

GOOTO.COM, Jakarta - Produsen asal Jepang Toyota dikabarkan bakal meluncurkan mobil listrik serupa dengan Corolla untuk pasar otomotif Cina. Kendaraan listrik baru itu diduga bernama Beyond Zero (BZ).

Toyota mengambil langkah ini untuk mencapai netralitas karbon, sehingga produknya bisa ramah lingkungan. Maka dari itu, produsen mencoba untuk mengembangkan beberapa jenis mobil listrik, termasuk Toyota BZ.

Dalam pembuatan mobil listrik BZ ini, Toyota diketahui bakal bekerja sama dengan perusahaan raksasa kendaraan listrik asal Cina, yakni BYD. Menurut laporan CarAdvice, keduanya berusaha untuk melahirkan sedan listrik.

Toyota BZ listrik sendiri dikabarkan akan menggunakan baterai terbaru, yakni lithium-ion phosphate (LFP) ‘Blade’. Baterai tersebut merupakan hasil dari pengembangan yang dilakukan oleh spesialis listrik Cina, BYD.

Mobil listrik Toyota BZ ini nantinya bakal dikategorikan di bawah EV premium, seperti Tesla Model Y dan Nio ES6. Namun klasifikasinya kendaraan listrik ini di atas Hong Guang Mini EV milik Wuling.

Sumber yang sama juga menjelaskan bahwa mobil listrik Toyota BZ akan dijual dengan harga sebesar 30 ribu dolar AS atau setara dengan Rp 453.220.000. Apabila dipasarkan di Indonesia, harga tersebut tentunya masih terbilang cukup mahal.

Namun, sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi mobil listrik baru Toyota dan BYD ini. Keduanya masih belum secara resmi mengungkapkannya kepada publik, khususnya pecinta otomotif.

Baca: Rencana Toyota Menyambut Tren Mobil Listrik di Indonesia

CAR ADVICE

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

#Toyota
#Toyota bZ
#Mobil Listrik
#Corolla
#Kendaraan Listrik
#BYD
#Cina

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi