5 Cara Mengetahui Karet-karet Mobil yang Harus Diganti
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 21 Desember 2021 17:02 WIB
Pekerja merapikan ban mobil bekas yang sudah dipotong di kawasan Petamburan, Jakarta, Senin, 13 Desember 2021. Keterbatasan lahan membuat pengepul ban bekas terpaksa mengumpulkan limbah ban bekas di bantaran Kanal Banjir Barat. TEMPO/ Dwi Nur A. Y

GOOTO.COM, Jakarta - Beberapa pengguna mobil dinilai cukup sering mengabaikan kondisi karet-karet yang ada dalam kendaraan. Padahal karet-karet tersebut terbilang memiliki peran penting dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Beberapa karet yang dimaksud itu di antaranya adalah vbelt, bushing, lips bumper, wiper, ban, lis kaca hingga karet pintu. Sejumlah komponen itu yang harus diperhatikan oleh para pemilik mobil.

Pembalap Indonesia Rifat Sungkar pun memberikan beberapa tips atau cara mengetahui kondisi karet-karet mobil yang harus diganti. Hal itu ia ungkapkan dalam acara virtual bersama Mitsubishi pada hari ini, Selasa, 21 Desember 2021.

“Untuk (karet) ban paling terlihat, tetapi unsur lain, rubber itu juga penting karena menyangkut unsur safety dan kenyamanan berkendara,” kata Rifat dalam acara yang diselenggarakan Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Lebih lanjut, Rifat menjelaskan bahwa musuh utama karet adalah panas. Semakin teriknya panas, ban akan semakin gampang mengalami keausan. Selanjutnya kotoran dan debu yang menempel juga bisa mengurangi kualitas ban.

“Ban itu kalau dilihat dekat sudah terlihat apakah karetnya masih fresh atau sudah keras. Kalau gripnya sudah keras berarti kurang baik. Untuk mepertahankan kondisi ban, perhatian tekanan angin, harus dispooring, kalau tidak disporing tingkat keausan akan berbeda,” jelas dia.

Selain masalah ban, Rifat juga mengingatkan soal wiper. Ia secara pribadi menjelaskan bahwa selalu mengganti karet wiper setelah pergantian musim. Ini dilakukan agar wiper bisa bekerja optimal dan tidak mengganggu pandangan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut 5 cara mengetahui karet-karet mobil yang harus diganti:

  1. Karet berubah warna
  2. Jika ditekan atau dipegang, terasa keras
  3. Bentuknya berubah
  4. Pada bagian kaca dan pintu, biasanya kekedapan berkurang dan longgar
  5. Sudah getas atau pecah-pecah

Baca: 5 Tips Menghemat Bensin Saat Megendarai Mobil

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

#Mobil
#Karet
#Tips
#Rifat Sungkar
#Mitsubishi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi