Simak Faktor yang Buat Ban Mobil Mengalami Bocor Halus
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 30 Desember 2021 18:00 WIB
Ilustrasi memeriksa ban mobil di bengkel Suzuki. (Suzuki)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Masalah bocor pada ban mobil atau motor memang hampir tidak bisa dihindari. Dengan kata lain, setiap pengendara pasti pernah mengalami bocor biasa atau bocor halus.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Terkait hal itu, pembalap reli Indonesia Rifat Sungkar mencoba untuk menjelaskan beberapa hal yang membuat ban mobil mengalami bocor halus. Itu ia utarakan saat hadir di acara virtual bersama Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKSI) beberapa hari lalu.

Menurut Rifat, hal yang membuat ban bocor halus adalah spooring yang tidak pas. Tanpa disadari, kesalahan itu bisa membuat ban mobil lebih rentan mengalami bocor halus.

“Untuk posisi yang sama, ada dua identifikasi. Kalau di posisi yang sama terus, tapi di tempat yang keras, sudah pasti identifikasinya pasti itu harus diperbaiki tapi ada hal yang dilupakan, spooring mobil suka beda sebelah,” katanya beberapa waktu lalu.

“Kadang-kadang ban sering cepat habis dan ban cepat bocor karena tidak sempurna spooring. Itu biasanya yang penyakitnya, dan tidak mudah diidentifikkasi oleh mata,” lanjut Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia ini.

Jika merangkum dari penjelasan Rifat, maka tips untuk mengatasi masalah bocor halus pada ban mobil adalah memperhatikan masalah spooring ketika berada di bengkel. Pastikan jika Anda mengeceknya terlebih dahulu sebelum pergi dari bengkel.

Baca: Langkah-langkah Mendongkrak Mobil dengan Baik dan Benar

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi