Formula E Direncanakan Bakal Beralih ke Mobil Hidrogen
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 3 Januari 2022 13:07 WIB
Formula Gen3. (Foto: Reuters)

GOOTO.COM, JakartaFormula E direncanakan bakal beralih ke mobil hidrogen dalam beberapa waktu mendatang. Keputusan ini diambil untuk mengampanyekan kendaraan listrik di dunia.

Menurut laporan Carscoops, penyelenggaraan Formula E akan beralih ke tenaga hidrogen untuk peraturan Gen4. Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa salah satu pendiri Formula E Alejandro Agag cukup serius untuk menggunakan teknologi hidrogen di masa depan.

Dirinya menjelaskan bahwa ada dua cara untuk menggunakan bahan bakar hidrogen berada dalam lisensi Formula E dan FIA. Kini beberapa pihak mencoba untuk membuat lebih efisien dalam menggunakan bahan bakar hidrogen.

“Cara lain yang akan kami gunakan adalah sel bahan bakar hidrogen yang pada dasarnya menghasilkan listrik yang kemudian menggerakkan motor listrik. Jadi segera setelah teknologi itu mulai tersedia secara luas dan beroperasi di level balap, kami pasti akan melihatnya,” ujarnya.

Langkah untuk berlaih ke mobil hidrogen ini pun terbilang cukup sulit dan menemui banyak rintangan. Formula E harus mengatasi bagaimana tenaga listrik murni bekerja, pengisian ulang baterai hingga keefektifan pengisian sel bahan bakar hidrogen.

Sekedar informasi tambahan, Formula E saat ini tengah menganut aturan Gen3 setelah selesai menggunakan mobil Gen2. Situasi ini pun memungkunkan ajang balap mobil listrik itu bakal menerapkan aturan Gen4 sampai lima tahun mendatang.

Baca: Anggota DPRD DKI Tak Yakin Sirkuit Formula E Ancol Rampung dalam 3 Bulan

CARSCOOPS | ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Formula E
#Mobil Hidrogen
#Hidrogen
#Bahan Bakar
#Mobil Listrik

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi