Anggota DPRD DKI Tak Yakin Sirkuit Formula E Ancol Rampung dalam 3 Bulan
Reporter: Tempo.co
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 31 Desember 2021 19:00 WIB
Penampakan lahan yang akan dibangun Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu, 29 Desember 2021. Sirkuit balap ini nantinya akan memiliki layout searah jarum jam dengan total panjang 2,4 kilometer, lebar 16 meter, dan panjang garis lurus 600 meter. TEMPO/M Taufan Rengganis

GOOTO.COM, Jakarta - Sekretaris Komisi B Bidang Perekonomian DPRD DKI Jakarta Pandapotan Sinaga baru-baru ini mengomentari masalah waktu pembangunan sirkuit Formula E Jakarta. Dirinya mengaku tidak yakin Sirkuit Formula E di Kawasan Ancol ini bakal rampung dalam waktu tiga bulan.

Sebelumnya, Managing Director Formula E Gunung Kartiko menyebutkan bahwa sirkuit Formula E Ancol ini bakal rampung dalam waktu tiga bulan atau pada April 2022. Dengan begitu, panitia memiliki waktu sekitar 1-2 bulan untuk menyambut ajang Formula E pada 4 Juni 2022.

Namun jadwal selesainya sirkuit Formula E Ancol ini nyatanya tidak diyakini oleh Pandapotan. Karena menurut Pandapotan, lokasi tersebut masih berbentuk tanah yang becek dan banyak ranting pohon.

"Saya tidak percaya tiga bulan (selesai). Kurang yakin saya fasilitas ini bisa dibikin jadi trek untuk skala internasional," kata dia di Ancol seperti dikutip Gooto.com dari Tempo.co hari ini, Jumat, 31 Desember 2021.

Lebih lanjut, Pandapotan menjelaskan bahwa lokasi sirkuit Formula E Ancol ini dulunya adalah rawa-rawa dan penampungan lumpur bekas krukan proyek moda raya terpadu (MRT). proses pengerukan itu sudah berlangsung sejak era Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

"Dulu namanya penampungan pembuangan lumpur Ancol timur dan Ancol barat," kata politikus PDIP tersebut, masih dikutip dari Tempo.

Pandapotan menilai bahwa sirkuit Formula E Ancol ini baru akan rampung dalam waktu enam bulan. Meski begitu, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menyanggupi pengaspalan akan selesai dalam waktu tiga bulan dengan menggunakan teknologi canggih.

Baca: Pengamat Tata Kota: Sirkuit Formula E di Ancol Bisa Bernuansa Hutan

TEMPO.CO

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Sirkuit Formula E
#formula e ancol
#Formula E
#DPRD DKI
#Ancol

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi