Catat! Ini Waktu Terbaik Servis Motor Berdasarkan Tipenya
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 13 Januari 2022 10:00 WIB
Para mekanik handal Honda sedang mengerjakan sebanyak 335 unit sepeda motor Honda dari berbagai tipe. Program servis gratis dan penggantian oli atau busi secara cuma-cuma ini digelar di Jalan Juanda, Palu. Minggu, 4 November 2018. (AHM)

GOOTO.COM, Jakarta - Bagi pemilik sepeda motor, penting untuk mengetahui kapan waktunya melakukan servis berkala. Biasakan untuk melakukan servis motor rutin sesuai jadwal dan jangan tunggu ada kerusakan pada kendaraan.

Servis motor disarankan sesuai dengan acuan kilometer yang ditempuh. Sebenarnya bisa juga servis motor berdasarkan acuan bulan, namun hal ini dianggap tidak adil bagi sepeda motor. Pasalnya, bisa saja motor berusia dua bulan, tapi jarak tempuhnya sudah lebih jauh.

Dilansir dari laman Wahana Honda hari ini, Kamis, 13 Januari 2022, motor matik dan motor bebek itu wajib di servis setiap 4.000 kilometer. Kemudian untuk motor sport setiap 6.000 kilometer dan motor gede (moge) setiap 12.000 kilometer.

Mungkin pernah mendengar bahwa servis motor itu harus dilakukan setiap 2.000 kilometer. Namun itu berlaku untuk motor keluaran lama, sementara sepeda motor model terbaru sudah dibekali mesin canggih yang servisnya bisa dilakukan per 4.000 kilometer.

Setiap servis berkala, teknisi bengkel akan melakukan sejumlah perawatan di setiap bagian vital motor. Misalnya mengganti oli mesin, membersihkan dan mengukur celah busi, memeriksa aki, menambah tekanan angin ban, menyetel rantai roda, membersihkan saringan oli hingga menyetel switch rem.

Baca: Simak Tips Keselamatan Berkendara di Akhir Tahun

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#servis motor
#Motor
#Sepeda Motor
#Servis Berkala
#Motor Gede
#Motor Sport
#Motor Matik

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi