VW Perkenalkan Concept BlueSport
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 13 Januari 2009 21:28 WIB

TEMPO Interaktif, Detroit: "Pengendaraan maksimum, konsumsi minimum. Itulah standar yang dicanangkan Volkswagen saat memperkenalkan kendaraan terbarunya di tahun 2009 ini. VW melansir roadster Concept BlueSport di North American International Auto Show.

“The BlueSport membuktikna mobil yang kompak dan menunjukkan semangat Volkswagen. Mobil ini sangat dinamis dengan mesin diesel 180 PS yang dikombinasikan dengan karakter dan filosofi hemat Volksawagen,” kata Chairman of the Board Volkswagen, Profesor Martin Winterkorn di Detroit.

BlueSport konsep tampil dengan balutan Flex Silver di bagian interior dan atap konvertibel berwarna oranye. VW menyebutnya sebagai simbol teknologi dan desain VW yang tak pernah ketinggalan jaman. Tampilan interior mobil sport dua tempat duduk ini menggambarkan teknologi terkini dan pengoperasian menggunakan touchscreen.

Mobil dengan panjang 3.99 meter ini diperkuat mesin diesel TDI 132 kW / 180 PS dengan common rail injection dan NOx catalytic converter. Menggunakan transmisi 6-speed DSG dual clutch transmission – sistem transmisi paling ekonomis responsif saat ini – yang menyalurkan tenaga ke mobil berpenggerak roda depan ini.

Hanya 6,6 detik yang dibutuhkan mobil ini untuk menempuh 100 km/jam dengan top speed 226 km/jam. Tapi mobil ini diklaim cukup hemat yaitu 4,3 liter untuk 100 km dan emisi yang rendah berkat dua teknologi yang dikenal dengan nama Eco mode: sistem start-stop otomatis dan regenerasi energi. Kedua teknologi ini membuat Concept BlueSport bisa menghemat 0,2 liter per 100 kilometer untuk pengedaraan dalam kota.

Raju Febrian 

#Otomotif
#Universitas Negeri Yogyakarta

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi