4 Tips Berkendara Mobil untuk Pemula yang Ingin Belajar Mundur
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 7 Februari 2022 12:08 WIB
Ilustrasi Mengemudi di Saat Hujan. (Istimewa)

GOOTO.COM, Jakarta - Mengemudikan mobil secara mundur bukanlah sebuah hal yang mudah, khususnya bagi pemula. Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemula yang ingin parkir mundur di sebuah tempat.

Beberapa pengendara mobil biasanya memiliki perhitungan tepat untuk berjalan mundur agar terhindar dari benturan objek lain. Maka dari itu, ada beberapa tips berkendara yang harus dipahami oleh pengemudi pemula.

Dalam kesempatan ini, redaksi Gooto.com mencoba memberikan 4 tips mengendarai mobil mundur untuk para pemula, dilansir dari situs resmi Auto2000. Simak ulasannya di bawah ini:

  1. Tengok ke Belakang

Tips mundur bagi para pemula adalah memahami bahwa Anda diperbolehkan untuk menengok ke belakang. Hal ini bisa dilakukan apabila Anda ragu dengan penglihatan melalui kaca spion atau fitur kamera belakang.

Dengan menengok ke belakang, maka pengendara mobil kemungkinan bakal mendapatkan perhitungan yang lebih akurat. Saat menjalankan mobil secara mundur, Anda diminta untuk menginjak gas secara pelan-pelan.

  1. Pahami Kemudi dan Arah Roda

Selanjutnya, para pemula juga harus memahami kemudi dan arah roda. Dua hal ini mungkin akan menmbingungkan bagi pemula saat berjalan mundur. Pasalnya, cukup banyak pemula yang mundur ke arah yang berlawanan.

Anda harus ingat, ketika ingin menggerakkan roda ke arah kanan maka kemudikan setir ke arah kanan juga. Begitu pun sebaliknya. Dengan begitu, ada baiknya jika Anda lebih dulu belajar mudur sebelum mengemudikan mobil di jalan raya.

  1. Gunakan Rem

Pastikan jika Anda juga menggunakan pedal rem saat berjalan mundur. Dengan memanfaatkan rem, maka Anda bisa mengatur kecepatan mobil sehingga terhindar dari benturan benda lain di sekitar kendaraan.

Biasakanlah kaki dengan pedal gas dan pedal rem saat berjalan mundur. Hal ini nantinya membuat Anda terbiasa. Tak lupa juga memainkan pedal kopling jika mobil yang dikendarai bertransmisi manual.

  1. Rileks

Terakhir, pemula juga diminta untuk tetap rileks dan tidak tegang saat mengendarai mobil mundur. Karena ketika Anda merasa panik, maka gerakan mundur akan menjadi kacau dari yang diharapkan.

Maka dari itu, pemula tidak boleh merasa takut saat mencoba mundur. Cara mengatasinya adalah dengan menarik napas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan. Ketika rasa panik sudah hilang, maka mulailah kembali menjalan mobil mundur.

Baca: Melihat Replika Bugatti Chiron Berbahan Tanah Liat, Mirip dengan Aslinya

AUTO2000

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Tips Berkendara
#Mundur
#Mobil
#Pengendara Mobil
#Auto2000

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi