Ducati Luncurkan Livery Baru untuk MotoGP 2022, Intip Spesifikasinya
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 8 Februari 2022 17:39 WIB
Motor tim Lenovo Ducati 2022. Foto : MotoGP
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaDucati Lenovo Team telah meluncurkan livery barunya untuk menjalani MotoGP 2022. Sebelum menjalani tes pramusim MotoGP Mandalika, Ducati memperkenalkan timnya yang bakal diisi oleh Francesco Bagnaia dan Jack Miller.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada peluncurannya, Senin, 7 Februari 2022, Ducati memamerkan motor balap Desmosedici GP22 berwarna merah. Meski warnanya tidak berubah dari musim lalu, namun jika dilihat lebih jelas lagi, motor balap ini disematkan warna merah baru khas Ducati.

Menanggapi motor balap barunya di MotoGP 2022, Jack Miller mengaku terkesan. Pembalap Australia tersebut menjelaskan bahwa saat ini Ducati telah meningkatkan kualitas motornya dengan sistem elektronik.

“Potensi ada di sana,” kata Miller dilansir dari Crash.net. "Kecepatannya juga ada. Tapi sekali lagi, kami sedang mengerjakan karakter mesin dan cara kerja elektronik. Kami cukup sibuk, dan mencoba suku cadang baru. Ini adalah tes yang sibuk."

Sementara itu, Bagnaia juga menyebutkan bahwa motor Desmosedici GP22 ini memiliki DNA yang sangat bagus saat pengereman. Namun, lanjut dia, timnya bakal terus memperbaiki sistem elektronik pada motor balap barunya di MotoGP 2022.

“Kami bekerja lebih pada akselerasi, karena ketika Anda menempatkan elektronik yang sama pada mesin yang berbeda, pasti Anda harus menyesuaikan semuanya, dan itu bukan hal yang mudah,” ujar Bagnaia.

Menurut situs resmi Ducati, Desmosedici GP22 bakal menggunakan mesin 90 derajat V4 berpendingin cairan. Kapastias mesinnya diketahui mencapai 1.000 cc, yang mampu membuat motor mencapai kecepatan maksimal hingga lebih dari 250 hp.

Spesifikasi Ducati Desmosedici GP22:

Mesin: 4-tak, 90° V4, berpendingin cairan, penggerak katup Desmodromic DOHC (double overhead camshaft), 4 katup per silinder

Kapasitas: 1000cc

Transmisi: Ducati Seamless, penggerak akhir rantai

Tenaga maksimum: +250 hp

Kecepatan maksimum: +350 km/jam

Bahan bakar: Shell Racing V-Power

Sistem pembakaran: Injeksi elektronik tidak langsung, 4 throttle body dengan injektor di atas dan bawah throttle. Katup kupu-kupu (butterfly) dikontrol sistem Ride By Wire ganda

Pelumas: Shell Advance Ultra 4

Saluran gas buang: Akrapovic

Rantai: DID

Rangka/Sasis: Double beam (atau Twin spar, dua tiang didesain seolah memegang mesin dari atas) berbahan aluminium campuran (alloy)

Suspensi: Ohlins. Depan: garpu model inverted (terbalik atau upside down) dengan pelindung karbon. Belakang: Monoshock dengan peredaman yang bisa diatur (preload adjustment) serta kompresi model hidrolik dan rebound brake

Sistem elektronik: ECU Magneti Marelli dengan software tunggal Dorna

Ban: Michelin

Pelek: Marchesini

Sistem pengereman: Brembo. Depan: Cakram karbon ganda berdiameter 340 mm dengan kaliper empat piston. Belakang: Cakram tunggal baja dengan kaliper dua piston

Berat: 157 kg

Baca: MotoGP Mandalika: Tiba di Lombok, Marc Marquez Disambut Fans Indonesia

DUCATI.COM

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi