Tesla Recall 578.607 Unit Mobil Listrik karena Masalah Fitur Boombox
Reporter: Tempo.co
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 12 Februari 2022 09:00 WIB
Orang-orang mengamati kendaraan Tesla Model 3 di area ekshibisi otomotif. Pameran Impor Internasional China (China International Import Expo/CIIE) ketiga di Shanghai, Cina, 5 November 2020. Total tujuh pabrikan otomotif top dunia berpartisipasi dalam ajang CIIE tahun ini, memamerkan berbagai macam kendaraan dari negara-negara seperti Jerman, Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Korea Selatan, dan Swedia. Xinhua/Zhao Dingzhe
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaTesla dikabarkan melakukan penarikan kembali atau recall sebanyak 578.607 unit mobil listrik di Amerika Serikat. Langkah ini diambil setelah produsen kendaraan listrik itu mengetahui adanya masalah pada fitur Boombox.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut laporan yang diberitakan Reuters, model mobil listrik yang mengalami masalah tersebut antara lain adalah Model S, Model X, Model Y dan Model 3 produksi 2020-2022. Fitur Boombox pada beberapa tipe tersebut dianggap memunculkan suara melalui speaker eksternal.

Situasi ini dinilai berbahaya karena memungkinkan mobil listrik mengalami gangguan pada Pedestrian Warning System (sistem suara peringatan pejalan kaki). Nantinya suara itu bisa mengaburkan suara yang diperlukan pada Pedestrian Warning System.

Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) melaporkan bahwa Tesla gagal mematuhi standar keselamatan kendaraan bermotor tentang persyaratan suara minimum untuk mobil listrik.

Tesla sebelumnya sempat membela tuduhan tersebut. Namun mereka dikabarkan tetap melakukan pembauran perangkat lunak over-the-air yang akan menonaktifkan fungsionalitas Boombox ketika kendaraan berada dalam mode Drive, Neutral, dan Reverse.

Sekedar informasi, fitur Boombox telah diperkenalkan pada mobil listrik Tesla pada Desember 2020. Namun pada Januari 2021, pihak NHTSA sebenarnya sudah mengeluarkan peringatan kepada produsen. Barulah pada September tahun lalu, NHTSA kembali meningkatkan penyelidikan masalah ini.

Terlepas dari itu, Tesla dilaporkan telah melakukan recall sebanyak 10 kali di Amerika Serikat selama empat bulan terakhir. Bahkan dalam dua minggu terakhir, produsen telah menarik kembali kendaraan listriknya sebanyak empat kali.

Baca: Hasil Tes Pramusim MotoGP Mandalika Final Hari Ini: Pol Espargaro Posisi 1

REUTERS

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi