Penjualan Toyota 2008 Turun Empat Persen
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 20 Januari 2009 13:38 WIB
TEMPO Interaktif, Tokyo:Toyota mengatakan telah berhasil menjual 8.972 juta mobil di seluruh dunia tahun lalu, turun empat persen, di mana krisis ekonomi global dalam penjualan mobil baru membayangi perusahaan Jepang itu yang ingin menyalip General Motors sebagai prousen mobil terbesar di dunia.

Toyota Motor Corp, terus diklaim sebagai rival utama untuk menggulingkan GM, Sebagai produsen mobil dengan penjualan terlaris per tahunnya, dengan menggenggam titel itu selama 77 tahun meski pun kini hal itu bisa diperdebatkan. GM sendiri baru akan mengumumkan penjualan mobilnya musim lalu Rabu (21/1).

Selama 2007, Toyota berhasil menjual 9.366 mobil di seluruh dunia, kurang 3,000 kendaraan daripada yang mampu dijual GM dan membuat produsen mobil Abang Sam itu kembali mengambil “mahkotanya”.

Catatan finansial Toyota lebih sehat dibandingkan GM, yang sebelumnya ambruk sebelum ditolong dana talangan multimiliar dolar dari pemerintah Abang Sam. Meski pun demikian di tengah-tengah resesi dunia yang sedang menggejala, Toyota mampu menguasai pangsa pasar di Amerika Utara.

Toyota kini memperkirakan akan merugi 150 miliar yen dari operasionalnya pada tahun fiskal 31 Maret, yang menjadi kerugian pertama mereka selama 70 tahun.

AP | BAGUS WIJANARKO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi