MotoGP: Maverick Vinales Sebut Memerlukan Lebih Banyak Latihan
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 15 Februari 2022 07:16 WIB
Aleix Espargaro (Aprilia), Sirkuit Mandalika, Lombok, 11 Februari 2022. (Aprilia)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Sesi tes pramusim MotoGP Mandalika sukses digelar pada akhir pekan lalu. Berlaga di sirkuit baru, memberikan kesan sekaligus tantangan bagi para pembalap MotoGP, salah satu yang memberikan komentar adalah pembalap tim Aprilia, yakni Aleix Espargaro dan Maverick Vinales.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selama tiga hari pengujian, Aleix dan Vinales menguji prototipe baru dari Aprilia RS-GP 2022. Dalam tes tersebut, para pembalap Aprilia mengungkapkan bahwa prototipe motor balap ini memiliki respons yang sama seperti saat dites di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Namun untuk Sirkuit Mandalika ini, tim Aprilia mengatakan bahwa sirkuit yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini tidak menawarkan banyak grip terhadap prototipe RS-GP 2022. Sirkuit ini memberikan tantangan tersendiri untuk melihat bagaimana motor baru ini digunakan secara maksimal dalam kondisi grip yang kurang optimal.

"Motor baru telah menunjukkan peningkatan di keseluruhan area. Kami mampu dan harus meningkat, itu sudah pasti, selain itu sudah menjadi tujuan saya untuk melakukan yang lebih baik dari tahun lalu," kata Aleix dalam siaran pers yang diterima Tempo hari ini, Selasa, 15 Februari 2022.

Maverick Vinales saat mengikuti tes resmi MotoGP di Sirkuit Mandalika, 11 Februari 2022. (Aprilia)Kendati demikian, saudara kandung dari Pol Espargaro ini mengatakan bahwa evaluasi hasil tes pramusim pekan lalu tidak bisa dilihat hanya dari pencapaian waktu saja. Aleix juga mengaku bahwa musim ini akan menjadi musim MotoGP yang paling kompetitif dan penuh tuntutan.

Pembalap Aprilia lain, Maverick Vinales, mengungkapkan bahwa prototipe RS-GP 2022 terbukti cepat di dua trek, yakni Sepang dan Mandalika. Namun Vinales mengakui bahwa motor baru ini belum sepenuhnya sempurna dan perlu ada peningkatan pada RS-GP 2022 ini.

"Saya masih membutuhkan waktu di sadel, terutama pada akhir pekan balapan, karena saya merasa masih memiliki banyak margin untuk lebih cepat. Bagaimanapun, saya merasa positif menjelang balapan pertama di Qatar," ungkapnya.

Selama tiga hari tes pramusim MotoGP Mandalika, kedua pembalap Aprilia mampu mencatatkan hasil yang cukup memuaskan. Aleix Espargaro berada di posisi 4 dengan catatan waktu terbaik 1 menit 31.385 detik, sedangkan Maverick Vinales berada di posisi 8 dengan torehan waktu terbaik 1 menit 31.478 detik.

Balapan pertama MotoGP musim ini akan digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada 6 Maret 2022. Sedangkan seri kedua akan digelar di Sirkuit Mandalika pada 20 Maret 2022. 

Baca juga: Pol Espargaro Tercepat di Hari Terakhir Tes Resmi MotoGP Lombok

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi